Home / Cek Fakta

Sabtu, 9 Mei 2020 - 21:17 WIB

Viral! Video Diklaim Meteor Jatuh, Ada Suara Terjadi di Surabaya 

Sebuah video yang menunjukkan benda seperti meteor jatuh ramai diperbincangkan di media sosial Twitter. Dalam keterangan video, disebutkan bahwa meteor tersebut jatuh di tiga tempat, yaitu Surabaya, Madura, dan Papua.

Sementara pembicaraan dalam video menyebutkan bahwa video itu diambil di Sidosermo, Surabaya. “Ya Allah Sidosermo Surabaya ya Allah.. Subhanal quddus.. Subhanal quddus.. Subhanal quddus.. Rabbanal quddus.. La ilaha illallah Muhammadar rasulullah…,” kata orang dalam video tersebut.

Berikut narasi lengkap yang dibagikan bersama video tersebut: Meteor jatuh di 3 tempat madura, dan Papua Serta Surabaya Dapat dri grup majelis. hoax atau engga ya?? Hingga pukul 11.00 WIB, Sabtu (9/5/2020), unggahan video tersebut telah diputar lebih dari 1.300 kali.

Baca  Viral! Video Asusila Pelajar SMK di Tuban, Jatim

Lihat Foto Tangkapan layar video yang menyebut adanya meteor jatuh di beberapa wilayah Indonesia() Twit yang sama juga diunggah pengguna Twitter lainnya, yang mengaku melihat meteor jatuh di wilayah Karawang.

Penjelasan LAPAN

Lapan memastikan bahwa tidak ada meteor jatuh, tetapi sampah antariksa dan merupakan fenomena yang biasa.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaludin memastikan bahwa video yang beredar di media sosial itu tersebut merupakan video editan.

Selain itu, lanjut Thomas, video tersebut juga telah diedit ke beberapa versi dengan narasi yang berbeda. “Itu sudah dimodifikasi itu, itu editan. Karena saya sudah dapat informasi bahwa itu ada versi bahasa Inggris-nya,” kata Thomas saat dikonfirmasi, Sabtu (9/5/2020).

Baca  5 Fakta Mengerikan Lapas Nusakambangan yang Sekarang Ditempati oleh Habib Bahar

“Saya terima informasi pertama kali dengan video yang sama di Merauke, kemudian ada lagi yang mengirim video yang sama di Aceh, ada lagi yang mengirim dengan video yang sama di Jawa Timur, macam-macam,” lanjut dia.

Ia menjelaskan, benda yang terlihat pada video itu bukan meteor, melainkan sampah antariksa yang jatuh ke bumi. Thomas memastikan, sampah antariksa itu tidak jatuh di wilayah Indonesia.

Menurut dia, sampah antariksa biasanya bekas roket yang meluncurkan satelit. Setelah sekian lama, benda itu menjadi sampah antariksa dan masuk ke atmosfer.

Baca  Video Viral Jokowi Kumpulkan Warga Bogor Bagi Sembako, Ini Penjelasan Istana!

“Itu sampah antariksa yang jatuh di suatu tempat, bukan di Indonesia. Tapi saya belum menemukan kejadian persisnya di mana,” kata dia.

Thomas menyebutkan, benda itu akan terbakar dan pecah ketika berada pada ketinggian sekitar 120 kilometer dari Bumi. Serpihan-serpihan yang terbakar di sekitar obyek juga menguatkan bukti bahwa benda yang jatuh itu adalah sampah antariksa.

Menurut Thomas, sampah antariksa akan berbahaya jika jatuh di permukiman. Namun, probabilitasnya sangat kecil dan belum pernah terjadi.

“Kalau kena permukiman sih bahaya, tapi probabilitasnya kecil sekali. Bumi kan luas sekali. Selama ini belum ada kasus sampah antariksa yang jatuh di fasilitas manusia,” kata Thomas. (Kompas)

Share :

Baca Juga

Cek Fakta

Asteroid Tabrak Bumi pada Pertengahan Ramadhan Ternyata Hoax Menurut LAPAN

Cek Fakta

5 Fakta Mengerikan Lapas Nusakambangan yang Sekarang Ditempati oleh Habib Bahar

Cek Fakta

Betulkah Ulama Dijemput Paksa Karena Positif Corona?

Cek Fakta

Dapatkah Virus Corona Menular Melalui Makanan? Cek Faktanya

Cek Fakta

Betulkah Peneliti Korsel Dokter Kim Woo Joo Temukan Vaksin COVID-19?

Cek Fakta

6 Fakta Ruslan Buton yang Minta Jokowi Mundur, Mengaku Sampai Jadi Tersangka
Dapat Bantuan Sembako

Cek Fakta

Tangis Haru Nenek Sebatang Kara Ketika Dapat Bantuan Sembako di Mamasa