Home / Islam

Minggu, 29 Maret 2020 - 11:16 WIB

UAS Mengatakan Virus Corona Tentara Allah. Beda dengan Pendapat Quraish Shihab

BERITAWAJO.COM – Saat ini banyak beredar kabar bahwa virus corona merupakan tentara Allah SWT, termasuk salah satu pendapat dari kondang Ustad Abdul Somad.

Bagaimana pendapat ulama yang lain? Pakar Tafsir Alquran Indonesia, Quraish Shihab mengatakan, memang terlalu banyak berita dan tulisan yang simpang siur mengenai virus corona. Ada kabar yang tak bertanggung jawab. Namun ada juga yang mengandung kebeneran.

“Dalam konteks menanggapi pendapat corona tentara Allah, saya tak sependapat dengan hal itu. Ini bukanlah siksa Allah sebab wabah corona melanda dunia, mengenai orang-orang baik dan orang-orang yang tak berdosa. Apakah mereka disiksa juga?

Baca  Salah Satu Tanda Kiamat Ketika Manusia Tidak Malu Berbuat Begitu di Jalanan. Naudzubillah!

Abi lebih senang kalau menyebut wabah corona ini adalah bencana berupa ujian dari Allah untuk umat manusia yang dewasa ini sering angkuh dan merasa mampu melakukan segala sesuatu,” ujar Quraish Shihab dalam Youtube Shihab dan Shihab, Sabtu (28/3/2020).

Dalam Alquran Allah berfirman, hati-hati dengan datangnya suatu bencana ujian yang bisa menimpa bukan hanya orang durhaka dan zalim.

Wabah corona, terang Quraish Shihab, merupakan bencana berupa ujian. “Kita harus sadar orang yang tak salah, orang yang dekat sama Allah juga wafat karena bencana ini. Mereka akan mendapatkan nikmat dan ganjaran dari Allah.”

Baca  1 Ramadan 1441 Hijriah Jatuh pada Jumat 24 April, dan Idul Fitri, pada Ahad 24 Mei 2020

“Mereka yang wafat karena thaun, wabah penyakit pada masa Nabi dan sahabat Nabi, dinilai sebagai syahid. Mereka tetap dimandikan, dikafankan, beda dengan syahid yang gugur di jalan Allah tak perlu dimandikan.”

Kematian akibat virus corona, terang Quraish Shihab, serupa dengan ganjuaran orang yang meningal di medan perang karena Allah.

“Virus corona ini sebenarnya sebagai bagian dari setan-setan. Oleh karena itu, saya tidak sependapat kalau virus ini tentara Allah,” kata Quraish Shihab.

Baca  Hukum Shaf Renggang dalam Shalat Berjamaah Karena Takut Covid 19

Dalam Alquran dan hadist Nabi, penyakit diakibatkan oleh setan. Nabi Ayub pernah mengatakan, “Setan telah menimpaku dengan penyakit melelahkan, menyiksa, disebabkan oleh setan.”

“Virus-virus ini, thaun merupakan ulah setan dan jin. Jin sesuatu yang tersembunyi, salah satunya virus. Demikian para ulama bilang, makanya harus dihindari, dimusuhi,” pungkas Quraish Shihab.

Share :

Baca Juga

Cara Mendidik Anak di Zaman Modern

Islam

UAS Batalkan Semua Agenda Ceramahnya; Banyak Netizen Nyinyir Tak Paham

Islam

Ternyata Palsu! Kisah Ali Bin Abi Thalib Bertemu Malaikat Jibril Dan Mikail

Islam

Lagu Populer Aisyah Istri Rasulullah Tuai Kontroversi, Apa Kata Buya Yahya?

Islam

Ini Waktu Dilarang Mengerjakan Shalat! Banyak yang Belum Tahu

Islam

Seiring Kemajuan IT, Apakah Shalat Berjamaah Sah Dikerjakan Secara Online?

Islam

Terkait Corona, Prof KH Achmad Satori Ismail Sarankan Umat Islam Konsumsi Madu dan Kurma

Islam

Rahasiakan Tes Swab, Pasien Positif Covid-19 Malah Shalat Tarawih Berjemaah, Warga Tak Ada yang Tahu

Global

Akibat Corona Salat Tarawih di Masjidil Haram dan Nabawi Tahun Ini Hanya 11 Rakaat