Home / Global

Jumat, 1 Mei 2020 - 06:21 WIB

Trump Klaim Punya Bukti Corona Berasal dari Lab Wuhan

Washington – Dari mana asal muasal virus Corona masih jadi perdebatan dan bikin penasaran. Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, baru saja mengutarakan klaim bahwa ia punya bukti COVID-19 berasal dari laboratorium virus di Wuhan.

Awalnya, reporter Fox News, John Roberts, menanyakan pada Trump apakah sang presiden telah melihat ada bukti yang memberi keyakinan tinggi bahwa virus Corona berawal di Wuhan Institute of Virology.

“Ya, saya punya,” kata Trump, tapi dia mengaku tidak bisa menunjukkan buktinya. “Saya tidak bisa memberitahu Anda soal itu. Saya tidak diizinkan untuk memberitahukannya,” ucap sang presiden, dikutip detikINET dari CNBC.

Baca  Gila-gilaan! Warga Positif Corona di China Naik Lagi

Ia menambahkan pemerintahannya sedang intensif memastikan asal virus Corona. “Kita akan melihat darimana ia berasal,” katanya, menambahkan ada banyak teori soal itu.

“Kami punya orang yang mengamatinya sangat-sangat dekat. Orang ilmiah, orang intelijen dan lainnya, dan kami akan memadukannya bersama dan saya pikir kita akhirnya akan punya jawaban yang sangat bagus,” cetus Trump.

Baca  Masya Allah! Tak Seperti Biasanya, Kini Adzan Menggema di Jerman Kala Pandemi Corona

Sejauh ini, konsensus ilmuwan cenderung meyakini corona dari hewan, kemungkinan kelelawar walau tak dapat dipungkiri virus bisa dibuat terutama untuk riset, misalnya menginvestigasi mutasi di masa depan. Dan seberapa tinggi tingkat keamanan, ada kemungkinan kebocoran dari laboratorium. Namun seperti telah disebutkan, belum ada bukti apapun.

Pihak China pun sebelumnya coba menepis spekulasi. Menurut mereka, tidak ada bukti yang mendukung COVID-19 dibuat di laboratorium Wuhan ataupun kemungkinan kedua, bocor dari sana.

Baca  Mantan Pejabat CIA Curiga; Corona Adalah Produk Virus untuk Perang Biologis

“China percaya bahwa asal dari virus tersebut adalah masalah ilmiah yang harus ditangani dengan serius,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian belum lama ini.

“WHO mengatakan tidak ada bukti yang membuktikan bahwa itu (COVID-19) dibuat di lab. Dan banyak pakar medis terkemuka juga mengatakan jika klaim virus tersebut bocor dari lab tidak punya dasar ilmiah,” tambahnya. (detik)

Share :

Baca Juga

Global

Ngeri! Putus Mata Rantai Virus Corona, Pejabat Korut Ditembak Mati

Global

Brigadir Jenderal Esmail Qaani Jadi Komandan Pasukan Elit Quds, Ini Ancamannya

Global

Miris! Wabah Corona: Muslim Rohingya di Myanmar, Satu Toilet Gantian 40 Orang

Global

Trump Bersumpah Bakal Buat China Tanggung Jawab soal Corona

Global

Pria Ini Tinggal Bersama 4 Istri dan 16 Selingkuhannya dalam Satu Rumah. Kok Bisa?

Global

116 Warga Korsel Kembali Positif Covid-19 Setelah Sembuh

Global

Viral! Akibat UU “Anti Islam”, India Dilanda Kerusuhan Hebat
China Sembunyikan Info Corona

Global

Breaking News! Dokumen Intelijen Bocor, Fakta China Sembunyikan Info Corona Terungkap