Home / Global

Selasa, 28 April 2020 - 15:24 WIB

Tegang, Kapal Perang Amerika Nekat Terobos Perairan China

China – Ketegangan terjadi di Laut China Selatan, Angkatan Laut dan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China atau PLA mengejar Kapal Perang Amerika Serikat yang menerobos masuk ke wilayah perairan China di lepas pantau Kepulauan Xisha.

Menurut kantor berita Global Times seperti dikutip VIVA Militer, peristiwa itu terjadi Selasa 28 April 2020. Kapal Perang AS diusir paksa karena masuk tanpa izin ke wilayahb teritorial China.

Komando Teater Selatan PLA mengerahkan pasukan AL dan AU untuk mengejar kapal perusak rudal USS Barry ketika masuk ke perairan teritorial China di lepas Kepulauan Xisha.

Baca  China Kini Dukung Resolusi Penyelidikan Asal-usul COVID-19 dengan Satu Syarat

“Mengejar dan memantau jalurnya, mengidentifikasi kapal, memperingatkan dan mengusirnya,” kata Kolonel Senior Li Huamin.

Ini pertama kalinya PLA mengumumkan pelanggaran yang dilakukan Kapal Perang Amerika Sertikat. PLA menilai tindakan provokatif AS secara serius melanggar hukum internasional dan norma-norma terkait, secara serius melanggar kedaulatan China dan kepentingan keamanan, dan secara sengaja meningkatkan risiko keamanan regional.

Baca  Ratusan Kelelawar Tiba-tiba Berjatuhan dari Atas Pohon, Ada Hubungan dengan Corona?

Tindakan Amerika ini bisa dengan mudah menyebabkan kecelakaan, dan bertentangan dengan konteks di mana komunitas internasional melakukan upaya terkonsentrasi untuk memerangi pandemi dan kehendak bersama negara-negara di Laut Cina Selatan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan itu.

“Kami mendesak pihak AS untuk fokus pada pencegahan dan pengendalian epidemi di tanah airnya, memberikan kontribusi lebih pada perang internasional melawan pandemi dan segera menghentikan tindakan militer terhadap keamanan, perdamaian dan stabilitas kawasan,” kata Li.

Baca  Tidak Bebas! Para Tahanan di Turki Produksi 1,5 Juta Masker untuk Rumah Sakit

Seperti diketahui, militer Amerika cukup banyak mengerahkan kapal perang ke perairan Laut China Selatan. Tak hanya itu, Amerika juga didukung kapal perang militer Australia.

Kapal Amerika yang dikerahkan antara lain USS Barry, USS Bunker Hill, USS America. Sedangkan Australia mengerahkan kapal HMAS Parramatta.

Amerika mengklaim pengerahan itu untuk menjaga perairan sengketa antara China dan Malaysia yang beberapa waktu lalu dimasuki kapal penelitian milik China. (viva)

Share :

Baca Juga

Global

Rusia Tak Bisa Ikut Olimpiade dan Piala Dunia, Putin Marah; Kok Bisa?

Global

Baru: Larangan Terbang Saudi untuk 52 Negara Termasuk Indonesia

Global

Sekolah Diliburkan Akibat Corona, Kelas Online Diaktifkan
Virus Corona Buatan Lab di Wuhan

Global

Parah! AS Klaim China Jual Alat Medis Sumbangan Italia ke Italia Lagi

Global

Pelajaran! New Normal Ala Swedia Berakhir Gagal Total

Global

160 Paspampres Filipina Positif Rapid Tes COVID-19, Bagaimana Kabar Presiden Duterte?

Global

Subhanallah! Reklame Memuat Tiga Pesan Rasulullah Terpasang di Chicago

Global

Khawatir Virus Corona, Presiden Filipina Pecat Pejabat yang Mengizinkan Warga China Masuk ke Negaranya