Home / Islam

Sabtu, 11 April 2020 - 02:28 WIB

Sekjen FUI: Pasca Penghentian Shalat Jumat dan Berjemaah Umat Islam Harus Jaga Para Ulama

Bogor – Forum Umat Islam (FUI) mengingatkan umat Islam untuk memperhatikan kondisi para ulama dan ustaz di masa terjadinya wabah Covid-19 atau Corona sekarang ini.

Sekjen FUI KH Muhammad al Khaththath mengatakan, setelah adanya kebijakan penghentian kegiatan shalat Jumat atau berjemaah di masjid termasuk pengajian, banyak para ulama atau dai yang merupakan guru-guru agama informal bisa dikatakan diam di rumah menganggur.

Menurutnya, sebagai manusia, kita perlu sembako untuk mempertahankan hidup. Dan sebagai umat Islam kita perlu mempertahankan kejamaahan dan pengajian karena tanpa itu para ulama khususnya akan melemah bahkan mati.

Baca  "Corona Tentara Allah", Begini Penjelasan UAS

“Jika itu terjadi maka siapa yang mengajarkan Islam dalam pengajian dan membimbing umat. Semakin lemah kondisi umat dengan tiadanya pengajian dan tausiah para ulama, maka imunitas umat juga tambah menurun dan akan sangat fatal jika ada serangan virus,” kata Ustaz al Khaththath melalui pernyataan tertulisnya, Kamis (9/4/2020).

Oleh karena itu, kata dia, diperlukan adanya gerakan untuk menjaga imunitas para ulama dan ustaz yang merupakan guru-guru agama informal.

Baca  Hebat! Kisah Dua Laki-laki Ini Tetap Meneruskan Shalat Meski Dihujani Anak Panah

“Kami mengajak para aghniya muhsinin umat yang berkelebihan, khusus para pengurus masjid di kota-kota yang masih menyimpan infaq para jamaah, agar memperhatikan nasib para ulama dan ustaz, serta memberikan bisyarah kepada mereka dan terutama adalah membantu meningkatkan imunitas mereka dengan menghadiahi mereka asupan peningkat imunitas seperti madu, habbatussauda, dan jamu imun agar ketika menghadapi rapid test mereka semua negatif Corona,” ujar Ustaz al Khaththath.

Baca  Viral Kisah Haru Korban PHK Corona: Tinggal di Becak Bersama Istri dan Anak 13 Bulan

“FUI sebagai forum silaturrahmi dan koordinasi para pimpinan dan aktivis ormas dan lembaga Islam mengajak saudara-saudara menyisihkan sebagian rizkinya untuk menjaga imunitas para ulama. Semoga Allah Swt melindungi para ulama dan ustaz yang akan terus membimbing umat menghadapi bahaya wabah Corona,” tambahnya.

Share :

Baca Juga

Islam

Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo; Ayo ke Masjid, Galakkan Shalat Berjamaah. Virus Corona adalah Ciptaan Allah

Islam

Masya Allah, Ini Waktu Terbaik Bersedekah; Pahami dan Amalkan!

Islam

Empat Tanda Sebelum Nabi Isa as Turun ke Bumi
Cara Mendidik Anak di Zaman Modern

Islam

UAS Batalkan Semua Agenda Ceramahnya; Banyak Netizen Nyinyir Tak Paham

Islam

Dosen Katolik Ini Akui Kebenaran Nabi Muhammad saw soal Mencegah Corona

Islam

Baru! Begini Cara Urus Jenazah Seorang Muslim Pasien Corona Menurut Fatwa MUI

Islam

Jenazah Korban Corona Banyak Ditolak, Habib Rizieq Menyerukan Hal Ini Kepada Umat Islam! 

Global

Akibat Corona Salat Tarawih di Masjidil Haram dan Nabawi Tahun Ini Hanya 11 Rakaat