Home / Islam

Sabtu, 11 April 2020 - 02:28 WIB

Sekjen FUI: Pasca Penghentian Shalat Jumat dan Berjemaah Umat Islam Harus Jaga Para Ulama

Bogor – Forum Umat Islam (FUI) mengingatkan umat Islam untuk memperhatikan kondisi para ulama dan ustaz di masa terjadinya wabah Covid-19 atau Corona sekarang ini.

Sekjen FUI KH Muhammad al Khaththath mengatakan, setelah adanya kebijakan penghentian kegiatan shalat Jumat atau berjemaah di masjid termasuk pengajian, banyak para ulama atau dai yang merupakan guru-guru agama informal bisa dikatakan diam di rumah menganggur.

Menurutnya, sebagai manusia, kita perlu sembako untuk mempertahankan hidup. Dan sebagai umat Islam kita perlu mempertahankan kejamaahan dan pengajian karena tanpa itu para ulama khususnya akan melemah bahkan mati.

Baca  Ternyata Jenazah Korban Covid-19 Tidak Tularkan Virus. Jangan Ditolak!

“Jika itu terjadi maka siapa yang mengajarkan Islam dalam pengajian dan membimbing umat. Semakin lemah kondisi umat dengan tiadanya pengajian dan tausiah para ulama, maka imunitas umat juga tambah menurun dan akan sangat fatal jika ada serangan virus,” kata Ustaz al Khaththath melalui pernyataan tertulisnya, Kamis (9/4/2020).

Oleh karena itu, kata dia, diperlukan adanya gerakan untuk menjaga imunitas para ulama dan ustaz yang merupakan guru-guru agama informal.

Baca  1 Ramadan 1441 Hijriah Jatuh pada Jumat 24 April, dan Idul Fitri, pada Ahad 24 Mei 2020

“Kami mengajak para aghniya muhsinin umat yang berkelebihan, khusus para pengurus masjid di kota-kota yang masih menyimpan infaq para jamaah, agar memperhatikan nasib para ulama dan ustaz, serta memberikan bisyarah kepada mereka dan terutama adalah membantu meningkatkan imunitas mereka dengan menghadiahi mereka asupan peningkat imunitas seperti madu, habbatussauda, dan jamu imun agar ketika menghadapi rapid test mereka semua negatif Corona,” ujar Ustaz al Khaththath.

Baca  Inilah Makna Ikhlas yang Tersembunyi dalam Surah Al-Ikhlas. Tidak Banyak Orang Mengetahuinya

“FUI sebagai forum silaturrahmi dan koordinasi para pimpinan dan aktivis ormas dan lembaga Islam mengajak saudara-saudara menyisihkan sebagian rizkinya untuk menjaga imunitas para ulama. Semoga Allah Swt melindungi para ulama dan ustaz yang akan terus membimbing umat menghadapi bahaya wabah Corona,” tambahnya.

Share :

Baca Juga

Islam

Naudzubillah! Ini Tanda Kiamat yang Sudah Muncul di Indonesia

Islam

Hukum Islam, Syariat dan Fikih, Apa Perbedaannya?

Islam

Ternyata, Menolak Ziarah Kubur Adalah Salah Satu Bentuk Kesombongan Iblis

Islam

Dosen Katolik Ini Akui Kebenaran Nabi Muhammad saw soal Mencegah Corona

Islam

Salah Satu Tanda Kiamat Ketika Manusia Tidak Malu Berbuat Begitu di Jalanan. Naudzubillah!

Islam

Ikuti Imbauan Ma’ruf, Menag Setuju Zakat Ditunaikan Sebelum Ramadan, Imbas Corona

Islam

Ternyata Ini Sebab Mengapa Disebut Masjidil Haram Bukan Masjidil Halal

Islam

Lafal Doa Kamilin yang Dibaca Setelah Shalat Tarawih