Sekda Sumbar Ingin Pertahankan Penghargaan dari ANRI

Sekda Sumbar Ingin Pertahankan Penghargaan dari ANRI
Gedung arsip nasional RI yang terletak di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat, Jumat (29/8). (Republika/Raisan Al Farisi)

BERITAWAJO.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Alwis mengatakan, pemerintah sangat bangga dan memberikan apresiasi dengan predikat Kearsipan Kategori Baik tahun 2018 Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar. Predikat ini harus terus dipertahankan supaya pelayanan publik untuk mengakses dokumen-dokumen umum dan sumber informasi akurat terus dipermudah. “Kami sangat bangga atas penghargaan tersebut ini suatu prestasi yang baik, semua ini tidak lepas dari perjuangan. Yang terpenting bagaimana caranya bisa menjadi yang sangat baik atau mempertahankan kategori baik,” kata Alwis di hadapan peserta sosialisasi kearsipan bagi sekretaris dan pengelola arsip Kelurahan tahun 2019 di Hotel Grand Sari, Padang, Senin (11/3).

Sekda Sumbar mengatakan, sebagai aparatur daerah, arsip merupakan ujung tombak dalam reformasi administrasi pemerintahan dan pembangunan. Yakni melalui pengelolaan arsip secara benar di satuan kerja masing-masing sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Alwis menyebut sosialisasi kearsipan diselenggarakan dengan maksud memberikan bekal pengetahuan tentang kearsipan, terutama bagi sekretaris dan pengelola arsip.

“Kalau bisa rebut kategori sangat baik, jangan sampai prestasi ini turun. Marilah membuat terobosan baru agar masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan publik,” ucap Alwis.

Hari ini, sosialisasi kearsipan diikuti 40 orang sekretaris dan pengelola arsip dari Kelurahan Kuranji dan Pauh. Ketua Pelaksana Deviany mengatakan, pihaknya memberikan bekal dan pembinaan administrasi desa yang khususnya berkaitan dengan bidang kearsipan. Salah satu aspek yang diharapkan mampu mendorong ke arah pemerintahan desa yang efektif adalah pembinaan sistem pengelolaan arsip desa

Demikian berita ini dikutip dari REPUBLIKA.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.