Home / Ekonomi

Selasa, 28 April 2020 - 13:55 WIB

Redam Imbas Corona, Pemerintah Siapkan Semacam Insentif Bagi Petani

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah tengah menyiapkan stimulus ekonomi bagi petani. Stimulus itu diberikan untuk mengurangi dampak penyebaran virus corona pada sektor pertanian.

“Sedang dipersiapkan stimulus untuk petani. Jadi, petani dapat semacam insentif untuk tanam di musim pasca panen raya,” ucap Airlangga dalam video conference, Senin (21/4).

Baca  Anggota Komisi XI DPR RI; Karena Virus Corona, Ekonomi RI Bisa Terjun Bebas

Ia menyatakan stimulus ekonomi itu masih dibahas oleh seluruh pemangku kepentingan yang berkaitan dengan sektor pertanian. Namun, Airlangga belum memberikan kepastian kapan tepatnya stimulus akan diberikan.

“Ini masih dalam pembahasan,” imbuh dia.

Selain itu, Airlangga bilang pemerintah juga menyiapkan sejumlah kebijakan khusus di sektor pangan. Hal ini agar pasokan bahan pokok tetap terpenuhi di tengah penyebaran virus corona.

Baca  Waduh! Ternyata Ini Biang Kerok Gula Langka dan Harga Mahal

“Nanti Kementerian Pertanian akan sampaikan, ini termasuk infrastruktur pertanian, irigasi, hingga pemanfaatan curah hujan yang ada,” jelas Airlangga.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah memutuskan untuk menambah alokasi belanja sebesar Rp405,1 triliun untuk menangani virus corona di dalam negeri.

Mayoritas dana atau sebesar Rp150 triliun digunakan untuk insentif pembiayaan program pemulihan ekonomi nasional, restrukturisasi kredit, dan pembiayaan UMKM. Kemudian, pemerintah menganggarkan Rp110 triliun untuk program perlindungan sosial (social safety net).

Baca  Prediksi Terburuk Pertumbuhan Ekonomi RI Menurut Ekonom

Lalu, Jokowi mengalokasikan dana sebesar Rp75 triliun untuk insentif di sektor kesehatan. Sementara, sisanya sebesar Rp70,1 triliun digunakan untuk insentif perpajakan dan stimulus KUR (cnn)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Kenapa Pemerintah Tak Cetak Uang dan Dibagikan ke Rakyat, Bu Sri Mulyani?

Ekonomi

Faisal Basri: Indonesia Pinter, yang Murah Dijual, yang Mahal Dibeli

Ekonomi

Ternyata Tidak Semua, Ini 5 Syarat Korban Corona Bisa Dapat Keringanan Cicilan Kredit

Ekonomi

Peneliti: Pemerintah Harus Siapkan Dana untuk Corona 2.000 Triliun

Ekonomi

Mayoritas Ekonomi Keluarga Terdampak Covid-19, Begini Solusi Sandiaga Uno

Ekonomi

Minyak dan Saham Rontok, Harga Emas Bangkit ke Rp924 Ribu

Ekonomi

Bertambah 5%, Utang Luar Negeri RI Tembus Rp 6.300 T

Ekonomi

Kemarin Anjlok Rp 12.000/Gram, Harga Emas Bakal Nyungsep?