Home / Islam

Jumat, 1 Mei 2020 - 05:17 WIB

Rahasiakan Tes Swab, Pasien Positif Covid-19 Malah Shalat Tarawih Berjemaah, Warga Tak Ada yang Tahu

Bukannya melakukan isolasi, seorang pasien terkonfirmasi Covid-19 asal Kelurahan Cakranegara Barat, Kota Mataram, NTB, malah mengikuti salat tarawih berjemaah.

Bahkan saat didatangi petugas, pasien berinisial S itu enggan dijemput. Video proses penjemputan itu kemudian viral di media sosial.

S merupakan salah satu pasien klaster Ijtima Ulama Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan. Dia telah diminta mengkarantina diri sepulang dari Gowa. Petugas sempat melakukan uji swab kepada S dan hasilnya baru diketahui positif belakangan ini.

Baca  Faisal Basri: Indonesia Pinter, yang Murah Dijual, yang Mahal Dibeli

Selama proses itu, ternyata warga juga tidak mengetahui jika S seharusnya menjalani isolasi mandiri. Petugas kemudian melakukan penjemputan ke rumahnya.

Shalat tarawih di masjid

Sedang tarawih berjemaah Namun saat dicek ke rumahnya, S ternyata tidak ada di tempat. Dia justru mengikut salat tarawih berjemaah di masjid.

“Saat kami melakukan pengecekan ke rumahnya, yang bersangkutan justru tidak ada. Mestinya kan isolasi mandiri sejak kepulangannya dari Gowa, Makassar.

Baca  Begini Cara Orang Beriman Menghadapi Wabah Penyakit Menurut UAS

Kami cek justru shalat tarawih bersama banyak warga di Masjid Nurul Yakin,” kata Camat Cakranegara Erwan saat dikonfirmasi, Kamis (30/4/2020).

Untuk itu, tim medis dari Puskesmas Taliwang harus bekerja keras melakukan tracing, siapa saja yang telah berkontak dengan S. Warga tak tahu mereka shalat berjemaah dengan pasien positif corona lantaran S tak memberi tahu ke kepala lingkungan bahwa S telah menjalani tes swab.

Baca  Aktris Andrea Dian Positif Corona

Petugas sempat berdebat alot karena S tidak mau ikut ambulans. Alasannya, S merasa sehat dan tidak bergejala batuk atau gejala Covid-19 lainnya. Setelah dijelaskan bahwa dirinya membahayakan banyak orang, dia baru paham. S kemudian dengan sukarela ikut dalam RSUD Kota Mataram untuk menjalani isolasi. (Kompas).com

Share :

Baca Juga

Islam

Hadis Nabi tentang Kakbah Kosong sebagai Tanda-tanda Kiamat

Islam

Jika Wabah Corona Masih Ada di Bulan Ramadhan, Ini Tuntunan Muhammadiyah

Islam

Ustadz Adi Hidayat: Jenazah Pasien Covid-19 Syuhada, Tidak Boleh Ditolak

Islam

Anggota DPR Usul Dana Haji Dipakai Tangani Corona

Islam

Salat Tarawih di Rumah, UAS: Imam Bisa Beri Kesempatan kepada Anak-anak

Islam

Bahaya Keluar Rumah di Waktu Maghrib, Terutama buat Anak! Ini Penjelasannya

Islam

Cara Lucu Abu Nawas Berdoa Minta Jodoh, Jangan Ditiru!

Islam

KH. Marfu Muhyidin Ilyas, Mengungkap Prediksi Corona Berdasarkan Perspektif al-Quran