Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar (kanan) dan penggiat budaya dari Direktorat Jendral (Ditjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wanda Lesmana (kiri) memberikan keterangan pers usai pertemuan membahas program kerjasama Belajar di Museum, Jumat (15/3) di Sekretariat PWI Sumsel.

BERITAWAJO.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggandeng Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Palembang menggagas program Belajar di Museum. Kesepakatan kerja sama tersebut dicapai pada pertemuan Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar dan penggiat budaya dari Direktorat Jendral (Ditjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wanda Lesmana. Pertemuan yang berlangsung, Jumat (15/3), di sekretariat PWI Sumsel membicarakan program Belajar di Museum dengan mengusung tema “Arah Baru Jurnalisme Milenial”. “Program Belajar di Museum akan berlangsung April 2019 dengan melibatkan mahasiswa di Palembang. Tempat pelaksanaan kita pilih museum Sultan Mahmud Badaruddin atau SMB II,” kata Wanda Lesmana.

Menurut Wanda Lesmana, untuk materi belajarnya bisa apa saja. “Misalnya pada pekan pertama belajar teknik jurnalisti, pekan kedua belajar melukis dan pekan ketiga belajar fotografi. Dengan kegiatan tersebut mereka bisa meramaikan museum,” ujarnya.

Penggiat budaya Wanda Lesmana menjelaskan, kegiatan belajar di museum selama 2019 dijadwalkan akan ada sekitar 20 kegiatan sampai Oktober. Untuk peserta pada setiap kegiatan berkisar30-35 orang. “Untuk jadwal atau tanggal pastinya kita koordinasi dengan Dinas Kebudayaan,” katanya.

Selain program belajar di museum menurut Wanda Lesmana bisa dikembang pada kegiatan dan kerjasama lainnya, seperti menggelar lomba jurnalistik bersama PWI Sumsel. “Ke depan kerjasama lainnya akan kita bicarakan nanti.”

Sementara itu Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar mengapresiasi kerjasama dengan Dinas Kebudayaan tersebut. “Melalui program belajar di museum merupakan bentuk partisipasi PWI Sumsel pada mahasiswa. “Bersama mahasiswa kita bisa meramaikan museum dengan kegiatan ini,” katanya.

Agar kegiatan tersebut berlangsung sukses PWI Sumsel akan berkoordinasi dengan lembaga terkait. “Kita matangkan dulu program belajar di museum. Setelah berlangsung akan direncana kegiatan yang lain. Untuk kemajuan PWI maka PWI Sumsel harus banyak menggelar kerjasama dengan banyak stakeholder sehinga PWI Sumsel makin kenal dengan kegiatan posiitif,” ujar Firdaus Komar

Demikian berita ini dikutip dari REPUBLIKA.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

This post was last modified on 15 Maret 2019 10:47 pm