Home / Kesehatan

Selasa, 3 Maret 2020 - 13:30 WIB

Pulang Umrah Pria Ini Dirujuk Ke RS dengan Peralatan Lengkap dan Petugas Berbaju Astronout

BERITAWAJO.COM – Seorang anggota jemaah umroh berinisial M (64) dirujuk ke rumah sakit (RS) setelah mendarat di bandara Palembang. M dirujuk ke RS karena suhu tubuh lebih dari 38 derajat Celsius.

“Namanya tuan M, usia 64 tahun, tadi itu tuan M dengan pesawat Lion Air Jeddah-Palembang mendarat 11.20 WIB. Kalau dari pantauan tadi ada gejala panas dan sesak napas juga,” terang Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan di Palembang Nur Purwoko, Selasa (3/3/2020).

Meskipun M dievakuasi khusus dengan peralatan lengkap, Purwoko belum bisa memastikan bahwa M suspect Corona (COVID-19). Sebab, wabah virus MERS belum dicabut di Tanah Suci tersebut.

“Yang kami tahu Saudi belum ada kasus COVID-19, tapi ingat bahwa MERS juga kan belum dicabut. Untuk memastikan itu, ya makanya kami rujuk ke rumah sakit dan sudah dibawa ke RSMH (RS Mohammad Hoesin),” katanya.

M sendiri dirujuk karena suhu tubuhnya tidak wajar. Saat ia memasuki pintu masuk di bandara dan melewati thermoscan, suhu tubuhnya tak wajar.

“Untuk suhu tubuhkan kita buatnya itu 38 derajat Celsius dan tuan M ini suhu tubuh 38 atau di atas itu. Itulah kenapa tuan M ini kita rujuk ke RSMH dengan peralatan lengkap sesuai SOP,” katanya.

Meskipun demikian, untuk memastikan apakah M suspect Corona atau tidak. Ia menunggu hasil uji laboratorium dokter RSMH Palembang.

“Untuk kepastian apakah COVID-19 atau tidak tentu menunggu dari pihak rumah sakit. Tetapi memang benar ada yang kami rujuk siang tadi,” tutup Purwoko.

Berita ini kami kutip dari detik.com untuk pembaca sekalian

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Jangan Panik! BNPB: Akan Ada 40 Ribu Penduduk Positif Corona Karena Jumlah Tes Meningkat

Kesehatan

Solusi Jitu! Tidak Perlu Naikkan Iuran, Tambal Defisit BPJS Kesehatan Pake Pajak Rokok

Kesehatan

Tujuh Pasien Gangguan Jiwa di Jatim Positif Corona

Kesehatan

Pasien Terjangkit Corona Tidak Ditanggung BPJS Ya…

Kesehatan

Ngeri! Hasil Studi: Kasus Corona di Indonesia Sebenarnya Mencapai 34.300 Pasien

Kesehatan

Ikatan Dokter Indonesia Protes dan Mengancam Mogok Tangani Pasien Corona

Global

1.247 Warga Tiongkok Dapat Izin Tinggal Terpaksa di Indonesia, 118 WNA Ditolak Masuk
harga rapid tes corona

Kesehatan

Fadli Zon; Agar Masyarakat Tahu, Prabowo Bilang Harga Alat Rapid Corona Test Hanya 3,5 Dollar