Home / Daerah

Jumat, 29 Mei 2020 - 06:36 WIB

Pedagang Positif Corona, 2 Pasar di Palembang Ditutup

Pemerintah Kota Palembang menutup dua pasar setelah ada pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pemkot juga bakal memperluas rapid tes massal kepada pedagang di seluruh pasar yang ada untuk menekan penyebaran virus corona.

Direktur Utama PD Pasar Palembang, Djaya Abdul Rizal mengatakan salah seorang pedagang Pasar Kebun Bunga sebelumnya terkonfirmasi positif virus corona pada Rabu (27/5).

Selain itu, salah seorang pedagang Pasar Kebun Semai Sekip pun reaktif usai menjalani rapid tes. Rapid tes yang dilakukan di Pasar Kebun Semai merupakan buntut dari kematian N, salah satu pedagang yang masih dalam status pasien dalam pengawasan, Senin (26/5).

Abdul berujar pihaknya bakal menutup operasional Pasar Kebun Bunga dari aktivitas jual-beli mulai Jumat (29/5).

Baca  Cerita Pasien Positif Corona Sumsel, Sembuh Setelah Dengar Kabar Bahagia Anaknya Lolos Kedokteran Udayana

“Pasar Kebun Bunga besok kami tutup juga, menyusul Pasar Kebun Semai yang sudah ditutup Selasa kemarin. Kami tutup seminggu dulu, kami sterilisasi pasarnya kemudian rapid tes untuk seluruh pedagang di Puskesmas Kebun Bunga,” ujar Abdul, Kamis (28/5).

Bukan hanya pedagang Pasar Kebun Bunga saja yang bakal menjalani rapid tes massal, seluruh pedagang pasar di 43 pasar di Palembang juga akan menjalani tes secara bertahap.

“Untuk awalnya kami agendakan tes acak dulu ke seluruh pedagang, sekitar 10-20 pedagang per pasar. Seperti di Pasar Lemabang akan rapid tes yang diadakan Kodam II/Sriwijaya. Memang di sana belum ada yang positif, tapi kami cek untuk menghilangkan kekhawatiran,” kata dia.

Baca  Kemarahan Risma Berakhir, Giliran Khofifah Diserbu Warga

Sementara ini pihaknya belum berencana untuk menutup seluruh pasar yang ada di Palembang. Pihaknya masih mengizinkan pedagang berjualan dengan menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak.

Ia juga mengatakan pihaknya telah mengusulkan kepada Satpol PP, TNI, dan Polda untuk berjaga di pasar dan memantau aktivitas masyarakat.

“Apalagi bakal menerapkan new normal ini kami jaga betul,” kata Abdul.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Palembang, Fauziah mengatakan pedagang Pasar Kebun Bunga yang terkonfirmasi positif merupakan laki-laki berusia 30 tahun. Ia masuk ke dalam daftar tracing kontak terdekat pasien positif sebelumnya.

Baca  Salah Identifikasi! Pasien Covid-19 Awalnya Dianggap Meninggal, Ternyata Masih Hidup

“Setelah dilakukan pemeriksaan, bapak ini hasilnya positif. Tanpa gejala dan penyakit penyerta sehingga diisolasi di Rumah Sehat Wisma Atlet Jakabaring,” ujar Fauziah.

Secara terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Palembang, Yudhi mengatakan pemeriksaan rapid tes kepada seluruh pedagang Pasar Kebun Semai telah memasuki hari ketiga.

Dari sekitar 150 orang lebih pedagang dan perangkat pasar yang menjalani rapid tes, 26 reaktif. Pemeriksaan terakhir akan berlangsung Jumat (29/5).

“Untuk mereka yang reaktif, selanjutnya akan menjalani tes swab untuk memastikan terpapar Covid-19 atau tidak. Jadwal swabnya Selasa atau Rabu depan oleh petugas Puskesmas Sekip” ujar Yudhi. (cnn)

Share :

Baca Juga

Daerah

Tak Peduli Corona, Ribuan Warga Menyerbu Kantor Pos untuk Cairkan Bantuan
Jenazah PDP Corona

Daerah

Liang Lahat Jenazah PDP Corona Sudah Digali, Ya Ampun Warga Menolak

Daerah

Empat Anak di Sumsel Positif Corona, Penyebabnya Sulit Dideteksi
500 WNA Asal China Bakal Masuk

Daerah

500 WNA Asal China Bakal Masuk ke Sultra, Ali Mazi: Jelas Kita Tolak!

Daerah

Khofifah Berikan Tunjangan Kehormatan bagi Para Hafidz Hafidzah

Daerah

Gara-gara Kejar Ceklok, ASN Dilindas Mobil

Daerah

Klaster Corona Sampoerna ‘Meledak’ Gara-gara Dinkes-Gugus Tugas Lambat

Daerah

Peserta Itjimak Meninggal, Permintaan Keluarga: Pemakaman dengan Protap Covid 19