Home / Politik

Kamis, 28 Mei 2020 - 06:22 WIB

Pandemi, PDIP Akan Tetap Gelar Doa Bersama di Makam Bung Karno

Ilustrasi

Ilustrasi

Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat mengatakan partainya akan menggelar doa bersama di makam Presiden RI pertama Sukarno atau Bung Karno di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Djarot menyampaikan acara doa bersama itu akan dilakukan pada 6 Juni, tanggal ulang tahun mendiang Sukarno. Dia mengklaim gelaran itu akan mematuhi protokol pencegahan penularan virus corona.

“Doa bersama juga dilakukan di kompleks makam Bung Karno dengan protokol Covid-19. Jadi sudah kita kemas menyesuaikan dengan kondisi Covid-19 dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan,” kata Djarot dalam jumpa pers virtual, Rabu (27/5).

Baca  DPR Bertanya Kepada Jokowi: Apa Bedanya Kerumuman di Pasar dan Rumah Ibadah

Mantan Wali Kota Blitar itu menjelaskan doa bersama di makam Bung Karno pada 6 Juni adalah agenda tahunan. Biasanya acara ini menjadi rangkaian peringatan bulan Juni sebagai bulan Bung Karno.

Pada setiap 1 Juni, kata Djarot, Blitar biasanya menghelat Grebeg Pancasila. Warga melakukan upacara dengan membawa atribut Pancasila dan gulungan lima yang nanti akan diantar ke makam Bung Karno.

Baca  Habib Bahar Kembali Masuk Lapas, Fadli Zon Tanya Kapolri

Kemudian pada tanggal 20 Juni, warga memperingati haul Bung Karno dengan doa bersama. Djarot bilang ketiga acara itu akan tetap dilaksanakan meski pandemi corona masih berlangsung.

“Tiga acara itu saya pikir tetap berlangsung di Blitar dengan kemasan yang baru, baik secara fisik maupun virtual,” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristianto mengatakan bulan Bung Karno kali ini mengusung tema “Bung Karno Bapak Bangsa, Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi Covid-19”.

Baca  Viral! Video Wanita yang Awalnya Remehkan Virus Corona Akhirnya Positif Terinfeksi

Perayaan ini sebagian besar dilakukan secara virtual menyusul pandemi corona dan disertai berbagai kegiatan, mulai dari aneka lomba, gelar museum secara virtual, hingga bakti sosial.

“Peringatan Bulan Bung Karno di tengah Covid-19 ditujukan untuk menggelorakan semangat berdiri di atas kaki sendiri,” ucap Hasto.

“Dari pandemi ini, bangsa Indonesia diingatkan bagaimana setidaknya Indonesia harus berdikari sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan.” (cnn)

Share :

Baca Juga

Politik

Klarifikasi Said Didu Sudah Dibaca Luhut, Jubir: Mungkin Memang Kita “rada-rada dungu” Ini Minta Maaf atau Apa?

Politik

Jokowi Sepelekan Covid-19 Tanpa Pencegahan, Pengamat: Tuhan Sudah Kasih Kesempatan, Inilah Hasilnya 

Politik

Kritik Dierktur CESPELS; Pakai Jurus Pedagang Tanpa Perencanaan, Cara Jokowi Tangani Covid-19 Patut Dipertanggungjawabkan

Politik

Anggota Komisi VI DPR Meminta Tinjau Ulang Implementasi Kartu Pra Kerja

Politik

Survei: 52 Persen Warga Anggap Jokowi Cepat Tangani Corona

Politik

Viral, Video Adu Mulut Bupati Lumajang Vs Bupati Boltim, Berawal Ucapan “Bodoh” ke Menteri

Politik

Ma’ruf Amin dan Habib Luthfi Disentil soal Pengangkatan Iman Brotoseno

Politik

Prabowo ke Kader Gerindra: Saya Bersaksi Jokowi Berjuang demi Bangsa-Rakyat