Home / Nasional

Kamis, 21 Mei 2020 - 19:22 WIB

MUI Jatim Sesalkan Petugas PSBB, Kasari Habib Umar Assegaf Bangil

Ketua MUI Jatim Abdusshomad Bukhori (Foto: Faiq Azmi/detikcom)

Ketua MUI Jatim Abdusshomad Bukhori (Foto: Faiq Azmi/detikcom)

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, Ainul Yaqin, menyayangkan sikap salah satu petugas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang terlibat adu pukul dengan Habib Abdullah Umar Assegaf Bangil di check point Exit Tol Satelit Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu, 20 Mei 2020. Ainul berpendapat, semestinya petugas PSBB bersikap persuasif, bukan malah meladeni emosi Habib Umar.

“Mestinya aparat di lapangan itu harus secara persuasif memberikan komunikasi dengan baik. Tapi dengan kejadian kemarin dengan Habib Umar, sangat kami sayangkan,” kata Ainul Yakin dihubungi wartawan pada Kamis, 21 Mei 2020.

Baca  Resahkan Warga, Oknum Camat Unggah Video Mesumnya di WA

Apalagi, lanjut Ainul, Habib Umar merupakan tokoh masyarakat yang dihormati dan memiliki pengikut yang banyak. Petugas di lapangan mestinya memahami itu dengan melihat cara berpakaian dan usia secara fisik pria yang ditegur. “Habib Umar itu kan sepuh, aparat paham beliau menggunakan pakaian seperti itu, berarti bukan orang sembarangan,” tandasnya.

Sikap yang kurang persuasif oleh petugas, papar Ainul, bisa menimbulkan konflik karena kemarahan pengikut Habib Umar. “Karena itu begitu kami tahu ada informasi itu, kami langsung berkoordinasi dengan pihak pemerintah, terutama kepolisian untuk melakukan mediasi,” ujar Ainul.

Baca  Anies Diingatkan Efek Fatal Jika Paksakan Pergub PSBB

Dengan insiden itu, Ainul meminta pemerintah dan aparat penegak hUkum mengevaluasi pelaksanaan PSBB di lapangan. “Bagaimana petugas di lapangan betuL-betul dilengkapi dengan human relation, pendekatannya harus dengan persuasif,” tandasnya.

Sebelumnya, sebuah video yang menggambarkan seorang pria yang belakangan diketahui Habib Umar Assegaf Bangil terlibat adu pukul dengan petugas berseragam Satuan Polisi Pamong Praja viral di media sosial. Dalam video, Habib Umar emosi dan menolak memutarbalik mobil Toyota Camry bernopol N1B-nya karena dianggap melanggar PSBB oleh petugas. (vn)

Baca  Kepastian Jakarta Lockdown Dibahas Hari Ini di Kantor Luhut

Share :

Baca Juga

Nasional

Izinkan 500 TKA China Masuk Indonesia Saat Pandemik, PB HMI: Kera di Hutan Disusui, Anak Di Rumah Mati Kelaparan 

Nasional

Menolak RUU Omnibus Law, Buruh Rencana Mogok Massal

Nasional

Mahfud MD: Di Iran Ribuan Orang Mati karena Salat di Masjid Saat Corona

Nasional

UAS tentang Habib Bahar: Boleh Kau Cabik-cabik Dagingku…Tapi Jiwaku Tak Bisa Kau Penjarakan

Nasional

Prabowo Paket Puan Maharani, Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo Saingan Terberat

Nasional

Anies Minta Data WNA China yang Masuk Jakarta ke Imigrasi, Tapi…

Nasional

Luhut Buka-bukaan Menjelaskan Maksud Jokowi Berdamai dengan Corona

Nasional

Ajakan Menko Luhut: Cintailah Produk-produk Indonesia