Home / Nasional

Senin, 18 November 2019 - 05:00 WIB

Menag Fachrul Razi: Jadilah Penceramah yang Menyejukkan

BERITAWAJO.COM, BANDA ACEH – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengimbau para penceramah agama menyampaikan materi yang menyejukkan masyarakat.

Jangan sampai penceramah membodohi dan memprovokasi masyarakat karena hanya akan menimbulkan perpecahan bangsa dan bernegara.


Foto Istimewa

“Jadilah penceramah yang menyejukkan semua umat. Sampaikan tafsir agama secara kontekstual,” kata dia di Banda Aceh, Minggu (17/11).

Fachrul Razi menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan dan silaturahim dengan ulama Aceh dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh yang dipusatkan di Asrama Haji Banda Aceh.

Baca  Cara Kembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak

Dikatakan Fachrul Razi, Indonesia negara majemuk yang kaya dengan keberagaman umat beragama. Keberagaman itu harus terus dijaga dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itu, ia mengajak para penceramah menyampaikan materi ceramah agama dengan kedamaian serta menghindari penyampaian yang menjurus provokatif.

“Misalnya, ada ayat agama yang disampaikannya betul, dalilnya betul, tetapi kontekstualnya tidak benar. Ini membahayakan. Penceramah ataupun dai harus memiliki sensitivitas tinggi serta memahami bahwa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk,” kata Fachrul Razi.

Baca  Rizal Ramli Sebut Kelas Glodok, Ahok: Orang Glodok Top Lo Usahanya

Purnawirawan jenderal TNI tersebut menegaskan, jika ada penceramah agama yang dalam ceramah menjurus ke provokasi akan diingatkan. Kalau memang masih provokatif, kata dia, akan dipanggil dan dibina. Namun, jika tetap saja tidak melakukan perubahan, tentu akan ada aturan hukum yang dikenakan.

“Kami juga akan memberikan pembekalan kepada penceramah agama menyangkut nasionalisme dan wawasan kebangsaan. Namun, ini hanya bagi mereka yang mau saja. Yang tidak mau, ya tidak apa-apa,” kata Menag Fachrul Razi.

Baca  Jika Tak Diintervensi, 1.046 ODP Akan Mudik dari Jakarta

Demikian berita ini dikutip dari FAJAR.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Share :

Baca Juga

Nasional

Jika Tak Diintervensi, 1.046 ODP Akan Mudik dari Jakarta

Nasional

Cara Mengajak Buah Hati Kenal Allah Swt Semenjak Bayi

Nasional

Tak Hanya Mengkritisi, Sandiaga Uno Akan Menanggung Biaya Kebutuhan Pasien Hingga Sembuh

Nasional

Alhamdulillah! Lirik ‘Aisyah’ Diubah Sesuai Arahan Buya Yahya

Nasional

JK Sentil Jokowi: ‘Berdamai dengan Corona’ Damai Itu Kesepakatan Kedua Belah Pihak!

Nasional

Viral! Gaji Rp20 Juta Ngaku Rakyat Kecil Terdampak Corona, Ngemis Bansos

Nasional

Cara Kembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak

Nasional

PA 212 Rencana Reuni di Monas, Respons Istana Begini