Home / Hukum

Sabtu, 25 April 2020 - 06:44 WIB

Koruptor Rp 477 M Dipenjara 2 Tahun, yang Korupsi Rp 30 Juta Dipenjara 4 Tahun

Jakarta – Fitriani Umatjina dihukum 4 tahun penjara. Pangkalnya, Bendahara Desa Fagudu Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara itu korupsi Rp 30 juta. Adilkah bila dibandingkan dengan megakoruptor lainnya?

Fitri menjadi Bendahara Desa sejak 12 November 2015. Pada tahun anggaran 2016, Desa Fagudu mendapatkan Dana Desa sebesar Rp 996 juta. Dalam pelaksanaannya, anggaran desa itu bocor di sana-sini.

Fitri terendus memakan anggaran sebesar Rp 30 juta. Akhirnya, Fitri harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di muka hukum.

Baca  Cegah Corona di Penjara, Yasonna Usul Bebaskan 300 Napi Korupsi di Atas 60 Tahun

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Fitriani Umatjina Alias Fit dengan pidana penjara selama 4 tahun,” ujar majelis PN Ternate sebagaimana dilansir website Mahkamah Agung (MA), Jumat (24/4/2020).

Selain itu, Fitri juga diwajibkan mengembalikan uang yang dikorupsinya sebesar Rp 30 juta. Jika Fitri tidak membayar uang pengganti tersebut paling lama dalam waktu 1 bulan sesudah putusan berkekuatan hukum tetap, maka hartanya dilelang.

“Dan jika terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi, maka terdakwa dipidana dengan pidana penjara selama 6 bulan,” ujar majelis yang diketuai Toni Irfan.

Baca  Romi Sebut Punya PR Jadi Imam Tarawih Usai Bebas dari Penjara

Adilkah hukuman 4 tahun penjara untuk nilai korupsi Rp 30 juta?

Bandingkan dengan korupsi yang dilakukan Khairil Wahyuni saat menjadi Dirut PT PLN Batubara. Khairil korupsi Rp 477 miliar sehingga harga token listrik PLN ke masyarakat menjadi tinggi.

Oleh MA, Khairil hanya dihukum 2 tahun penjara. Sedangkan swasta yang membobol PLN, Kokos Jiang hanya dihukum 4 tahun penjara.

Bagamana dengan Choel Mallarangeng yang korupsi proyek Rp 7 miliar? Adik Andi Mallarangeng itu hanya dihukum 3 tahun penjara. Alasan MA, Choel telah mengembalikan uang yang dikorupsinya sebesar Rp 7 miliar.

Baca  Meski Sudah Bisa Bebas, Bahar Smith Menolak Karena Tidak Mau Dianggap Utang Budi pada Rezim Zalim

Adapun mantan Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham hanya dipenjara 2 tahun. Padahal Idrus korupsi Rp 2,5 miliar dalam proyek PLN Riau-1.

Bila dibandingkan dengan kasus korupsi miliaran rupiah dihukum 2 tahunan penjara di atas, lalu adilkah bila Fitri harus dipenjara 4 tahun untuk kasus korupsi Rp 30 juta? (asp/dhn)

Share :

Baca Juga

Hukum

Ditegur Pakai Masker, Polisi Ajak Duel Sesama Polisi, Akhirnya Dimutasi Kapolda Jabar

Hukum

KPK Terima Laporan Gratifikasi Rp1,8 M di Masa Pandemi Corona

Hukum

Ternyata Wakapolri Hadir di Pesta Pernikahan Kompol Fahrul Sudiana

Hukum

Napi Asal Sulsel Ini Menolak Dibebaskan Pemerintah: Mending di Sini, Banyak Teman

Hukum

Postingan Tara Basro yang Nyaris Tanpa Busana Tidak Melanggar UU ITE! Ini Kata Sekjen Federasi Umat Islam

Hukum

Minta Kasus Kivlan Disetop, 3.332 Purnawirawan Pasang Badan

Hukum

Yusril: Darurat Sipil Tidak Relevan dengan Upaya Melawan Wabah Virus Corona

Hukum

Rocky Gerung Dipanggil Polisi Terkait Laporan Henry Yosodiningrat. Kasus Apa?