Home / Pemerintah

Kamis, 2 April 2020 - 08:18 WIB

Kominfo Minta Publik Tak Boros Pakai Internet di Tengah Pandemi Covid-19

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Plate mengajak masyarakat untuk bijak saat berselancar di ruang digital dan internet di tengah imbauan menjaga jarak sosial, social distancing, sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

“Peningkatan traffic meningkat tinggi sejak tren ini. Kita harus jaga biar bisa efisien penggunaannya. Kita harus gunakan dengan cerdas agar tidak ada over-traffic,” kata Plate di sela-sela konferensi pers online yang dilakukan di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Baca  5 Teori Konspirasi Virus Corona yang Menggemparkan

Hal yang bisa dilakukan masyarakat, lanjut dia, antara lain tidak menggunakan ruang internet secara ilegal, seperti mengakses situs perfilman ilegal, membuat dan menyebarkan hoaks, dan lain sebagainya.

Menggunakan ruang internet secara ilegal bisa menyedot bandwith internet yakni kapasitas maksimal jalur komunikasi untuk melakukan proses pengiriman dan penerimaan data dalam hitungan detik.

“Karena selain ilegal, juga akan menyedot bandwidth yang akan mengganggu keseluruhan traffic. Kita harus cerdas untuk menggunakan untuk kegiatan positif dan benar ketika menggunakan ruang digital,” kata Plate.

Baca  Prediksi Ilmuwan: Puncak Corona RI Mei, Harus Berhenti 10 Juni 2020

Menurut dia, ketersediaan bandwidth harus dijaga di tengah masifnya penggunaan internet di Indonesia untuk kebutuhan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah sesuai imbauan pemerintah.

“Suplai bandwidth kita harus dijaga,” kata dia.

Para penyedia layanan internet, kata Plate menyediakan bandwidth yang cukup dan layanan yang prima.

“Jangan gunakan internet untuk hal yang belum jadi prioritas sehingga kegiatan social distancing bisa dilakukan dengan prima,” jelasnya.

Baca  Awas Corona Menyerang Anak! Segera Lakukan Pencegahan Seperti Ini

Lebih lanjut, Plate mengingatkan masyarakat untuk tidak membuat dan menyebarkan berita bohong atau hoaks di tengah situasi pandemi yang terjadi. Hingga hari ini (23/3/2020), tercatat sebanyak 305 hoaks yang dideteksi Kementerian Kominfo.

“Saya ingatkan bahwa produksi dan sebarkan hoaks merugikan diri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Tidak membantu memutus alur penyebaran Covid-19, malah meresahkan masyarakat,” tutup dia.

Sumber

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Ini 3 Permintaan Jokowi Menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri Nanti

Pemerintah

Akhirnya, Pemerintah Akui Terlambat Deteksi Dini Corona: Begini Pengakuannya

Pemerintah

Mengapa Indonesia Belum Juga Mengambil Langkah Lockdown? Ini Jawabannya!

Pemerintah

Sah! Presiden Jokowi Putuskan Membayar THR untuk Seluruh PNS, TNI, Polri, Hingga Eselon III

Pemerintah

Perpres PPPK Belum Jelas, Kabar Baiknya dari Kepala BKN Ini

Pemerintah

Rugi Berlipat Proyek Kereta Cepat di Depan Mata

Pemerintah

Dana Pensiun ASN Rp1 Miliar, Tjahjo Kumolo: Salah Kutip

Pemerintah

Wooow… Gaji PNS DKI Jakarta di Bawah Kendali Anies Baswedan Capai 20 Juta