Home / Islam

Kamis, 5 Maret 2020 - 05:18 WIB

Kasihan! Keputusan Arab Saudi Tunda Ibadah Umrah dalam Jangka Waktu yang Tidak Ditentukan

BERITAWAJO.COM – Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menunda semua kegiatan umroh sepanjang tahun 2020. Hal tersebut menyusul perkembangan epidemi virus Corona (COVID-19) yang mulai bermunculan di berbagai negara.

“Penundaan ini bersifat temporer, berlaku untuk penduduk di Arab Saudi ataupun mereka yang datang berkunjung,” ujar pemerintah Arab Saudi sebagaimana dikutip dari Channel News Asia, Kamis, 5 Maret 2020.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi juga sudah mengindikasikan penundaan ibadah haji tahun ini. Jika hal itu terjadi, di mana ibadah haji dan umroh sama-sama ditunda, otomatis Arab Saudi tidak akan memiliki pendapatan dari sisi tersebut selama setahun ke depan.

Baca  Hasil Penelitian; 5 Bahaya Kesepian, Salah Satunya Bisa Menyebabkan Kematian Dini

Di sisi lain, penundaan ibadah haji dan umroh di tengah epidemi virus Corona adalah langkah yang bisa dipahami. Dalam setahun, Arab Saudi bisa menerima hingga 18,3 juta jemaat yang datang untuk melakukan umroh. Jika jutaan jemaat itu berkumpul di satu tempat dan salah satunya terindikasi tertular virus Corona, maka penyebaran menjadi hal yang sulit dihindarkan.

“Hal tersebut adalah langkah waspada yang bisa dipahami walaupun akan menimbulkan konsekuensi ekonomi,” ujar Karen Young, akademisi dari American Enterprise Institute sebagaimana dikutip dari Channel News Asia.

Baca  Jadikan Tiga Hal ini Sebagai Ritual Ibadah dalam Menghadapi Corona

Karen menambahkan bahwa penundaan ibadah umroh dan haji akan menjadikan tahun 2020 sebagai tahun yang berat bagi Arab Saudi. Sebab, Arab Saudi cukup bergantung pada sisi wisata religius untuk menutupi dampak dari penurunan harga minyak dunia. Jika tidak ada pemasukan dari sisi wisata religius, maka pertumbuhan ekonomi Arab dipastikan akan menurun.

“Akan menjadi pukulan yang telak apabila wisata religius, yang merupakan bagian dari reformasi ekonomi Arab Saudi, terganggu,” ujar Karen. Sebagai catatan, per hari ini, sudah ada dua kasus virus Corona (COVID-19) di Arab Saudi.

Baca  MUI Minta Video Santri Berpeci Puisi Paskah Ditelusuri

Terkait judul berita sebelumnya, yang menyatakan ibadah Umrah akan dihentikan selama setahun, kami ingin menyampaikan koreksi. Ada kesalahpahaman terkait kata “year-round” dari sumber berita yang asli. Kata tersebut digunakan untuk menyampaikan bahwa ibadah umrah, dalam situasi normal, bisa dilakukan sepanjang tahun. Jadi, bukan adanya penundaan ibadah Umrah selama setahun. Hingga berita ini ditulis, durasi penundaan belum ditentukan.

Atas koreksi ini, kami meminta maaf.
Sumber berita: tempo

Share :

Baca Juga

Islam

UAS Mendorong Agar Melawan Dampak Covid Lewat Masjid

Islam

Hukum Shaf Renggang dalam Shalat Berjamaah Karena Takut Covid 19

Islam

Salah Satu Tanda Kiamat Ketika Manusia Tidak Malu Berbuat Begitu di Jalanan. Naudzubillah!

Islam

Ternyata Sedekah Bisa Menjadi Senjata Menolak Wabah Virus Corona, Ini Dalilnya!

Islam

Subhanallah, Pria Ini Meninggal Saat Mengumandangkan Hayya ‘Ala Shalah dalam Azan

Islam

UAS: Meninggalkan Sholat Jumat Saat Wabah Hukumnya Sunah. Ini Penjelasannya!

Islam

Betulkah Wanita Lebih Baik Jika Shalat di Rumah?

Islam

Anggota DPR Usul Dana Haji Dipakai Tangani Corona