Home / Nasional

Sabtu, 21 Maret 2020 - 04:55 WIB

Jokowi Mengatakan Klorokuin Bisa Sembuhkan Pasien Corona, Kominfo Langsung Ralat. Sumule; Sebar Hoax Dong?

BERITAWAJO.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memperbarui soal klorokuin bisa menjadi obat sembuh virus Corona (COVID-19). Atas adanya informasi terbaru klorokuin direkomendasikan untuk penyembuhan Corona, Kominfo meralat informasinya.

“Klarifikasi yang dilakukan Kementerian Kominfo pada tanggal 15 Maret 2020 terkait klorokuin yang dapat menyembuhkan Covid-19 sebagai disinformasi, adalah berdasarkan pada pernyataan resmi WHO tanggal 20 Februari 2020,” tulis Kominfo dalam laman website resminya, Sabtu (21/3/2020).

Pernyataan awal Kominfo mengatakan klorokuin bukanlah obat penyembuh untuk Corona. Hal itu berdasarkan hasil penelusuran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Janet Diaz, Kepala Perawatan Klinis dalam Program Emergensi WHO, menyatakan bahwa pihaknya belum memiliki bukti bahwa klorokuin dapat menyembuhkan pasien COVID-19. Pernyataan ini disampaikan dalam konferensi pers pada 20 Februari 2020,” ujar Kominfo.

Baca  11.000 Kamar Mewah Disiapkan Kerajaan Arab Untuk Karantina Warganya yang Baru Dipulangkan

Berkembangnya informasi terbaru soal klorokuin dapat menjadi rekomendasi penyembuhan virus Corona, Kominfo meralat pernyataan sebelumnya. Cap disinformasi soal klorokuin pun dicabut.

“Namun demikian, dengan adanya informasi terbaru yang dirilis tanggal 16 Maret 2020 bahwa ternyata klorokuin direkomendasikan untuk menjadi bagian dalam proses penyembuhan Covid-19 dan telah melewati uji klinis terhadap 100 pasien di 10 rumah sakit di China, maka stempel disinformasi pada tanggal 15 Maret 2020 kami cabut,” ucap Kominfo.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengaku sedang menyiapkan dua jenis obat untuk dipakai melawan wabah virus corona COVID-19. Obat tersebut adalah Avigan yang mengandung zat aktif favipiravir dan Klorokuin.

Baca  Din Syamsuddin: Jangan Larang Umat ke Masjid, Tapi Izinkan Orang Menumpuk di Bandara

Jokowi mengaku dua jenis obat tersebut dipilih karena menunjukkan bisa menyembuhkan pasien corona ketika dicoba oleh beberapa negara.

“Obat ini sudah dicoba oleh satu, dua, tiga negara dan memberikan kesembuhan. Yaitu Avigan. Kita telah mendatangkan 5.000, akan kita coba dan dalam proses pemesanan dua juta,” kata Jokowi di Istana Merdeka dalam siaran langsung di akun Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (20/3).

Terkait dengan obat klorokiun, Wakil Ketua Umum Iwan Sumule mencuitkan komentarnya di akun Twitter pribadinya.

Baca  Orang Tanpa Gejala Tapi Positif Corona Diprediksi Banyak di Makassar

Seraya mengunggah link Kementerian Komunikasi dan informatika yang menyatakan (Kominfo) terkait obat klorokuin, Iwan berkomentar soal dugaan Jokowi menyebar kabar hoax.

Iwan merasa aneh karena pada hari ini Presiden Jokowi mengatakan sudah memesan obat klorokuin sebanayk 3 juta orang untuk mengatasi Covid-19.

“Aneh. link Kominfo bilang klorokuin ampuh sembuhkan virus corona itu hoax. Presiden sebar hoax dong, iya gak sih,” demikian cuitan Iwan Sumule, Jumat malam (20/3).

Sumber

Share :

Baca Juga

Nasional

Mahasiswa Muslim Desak Pemerintah Buka-bukaan Data Corona, Meskipun Pahit

Nasional

Begini Hitungan dan Cara Mengetahui Pengguna Token dapat Listrik Gratis!
Sandiaga dukung jokowi

Nasional

Sandi Salurkan Beasiswa Pelajar dan Mahasiswa Terdampak Covid-19 via KAHMIPreneur

Nasional

Tragis! Ketua RT dan Warga Palembang Berteriak Usir Perawat RS Siloam

Nasional

Kemenaker: Kami Tak Bisa Tolak Izin 500 TKA China di Sultra

Nasional

PLN Membantah Tarif Listrik Naik, Tapi Kenapa Tagihan Melonjak?

Nasional

Parah! Agus Salim Minta Tolong Anaknya Tenggelam, Pengunjung Lain Anggap Bercanda

Nasional

Din: Iuran BPJS Naik Saat Corona, Bentuk Kezaliman Pemimpin