Home / Kesehatan

Jumat, 27 Maret 2020 - 22:46 WIB

Hasil Penelitian IPB dan UI: Jeruk dan Kulitnya Bisa Tangkal Corona. Begini Caranya!

BERITAWAJO.COM – Upaya melawan COVID-19 dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari mencuci tangan, jaga jarak, dan lainnya.

Tapi peneliti dari IPB dan UI punya saran lain. Yakni minum jus jeruk dengan kulitnya. Ini bukan tanpa alasan, ternyata kulit jeruk mengandung Hesperidin yang bisa melawan COVID-19.

Polemik Obat Corona

Pemerintah RI menyiapkan jutaan butir klorokuin dan avigan untuk pengobatan pasien coronavirus. Namun, efektivitas dan keamanan kedua obat masih dipertanyakan. Simak selengkapnya di collection ini dan subscribe agar dapat notifikasi story baru.

Baca  Sultan Minta Jokowi Buka Data Zona Merah Corona: Pemerintah Tak Mau Jawab

Dalam siaran pers IPB yang diterima kumparan, Jumat (27/3), dijelaskan bahwa tim periset dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University dan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University telah melakukan penelitian bioinformatika untuk menemukan senyawa yang berpotensi untuk melawan COVID-19.

“Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus,” kata Guru Besar IPB University yang juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara.

Baca  Baru! Peneliti China Beberkan 30 Mutasi Baru Virus Corona

Lalu dimanakah kita bisa mendapatkannya senyawa Hesperidin?

“Senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk. Jadi selama berdiam di rumah, kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih. Memang akan terasa sedikit pahit. Nah tahanlah sedikit rasa pahit ini karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya,” ujar Irmanida.

Baca  Tak Mau Tangani Pasien Corona, 109 Nakes di RSUD Ogan Ilir Dipecat

Menurut dia, untuk yang kurang sanggup mengonsumsi yang pahit, bisa membuat infus water dari jeruk beserta kulitnya. Beberapa senyawa dari kulit jeruk akan larut dalam air sehingga juga terkonsumsi oleh kita. Jangan lupa jeruknya dicuci bersih terlebih dahulu.

“Semua jenis jeruk mengandung hesperidin. Jadi tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lainnya,” tambahnya.

Sumber

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Khasiat Dasyat Air Rendaman Kurma Atau Kismis (Nabeez)

Kesehatan

Sempat Kabur Saat Akan Dikantina, Driver Ojol Diduga Terpapar Virus Corona Akhirnya Ditemukan
Perokok Lebih Terlindung dari Virus Corona

Kesehatan

Penelitian Prancis: 80 Persen Perokok Lebih Terlindung dari Virus Corona
Alat Rapid Test China

Kesehatan

Kacau, Alat Rapid Test China Bikin Orang Negatif Jadi Positif Corona

Kesehatan

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto; Corona Tidak Seganas H5N1 dan Flu Burung

Kesehatan

Resmi! Dua WNI Positif Corona di Indonesia, Waspadalah

Kesehatan

Iuran BPJS Turun. Bagaimana Kelebihan Iuran BPJS pada Bulan April Lalu?

Kesehatan

Jangan Asal Cuci, Begini Cara Bersihkan Masker Kain yang Benar