Home / Daerah

Senin, 27 April 2020 - 21:09 WIB

Empat Anak di Sumsel Positif Corona, Penyebabnya Sulit Dideteksi

Sumsel – Virus Corona (Covid-19) di Sumatera Selatan tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Virus yang telah menyerang hampir 10 ribu orang di Indonesia ini, juga menyasar anak-anak di bawah usia 10 tahun.

Di Sumatera Selatan, dari 130 kasus yang tercatat per hari ini, Senin, 27 April 2020, empat di antaranya diketahui terjangkit pada anak usia di bawah usia 10 tahun. Bahkan, tiga dari empat anak tersebut tergolong dalam usia di bawah lima tahun (Balita).

Baca  Dana JPS Sumbar Dibagikan Lewat Pos Indonesia, Satu KK Dapat 1,2 Juta

Keempat anak tersebut masing-masing berusia empat bulan (dua orang), empat tahun dan sembilan tahun. Keempatnya terjangkit virus Corona dengan kasus orang tanpa gejala (OTG).

“Sejauh ini sudah ada empat anak di Sumatera Selatan yang positif terpapar virus Corona. Semuanya dengan kasus OTG,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan, Yuwono.

Menurut Yuwono, sampai saat ini pihaknya sulit mendeteksi semua anak yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut. Meski sudah ditangani di rumah sakit, tapi tim medis terus memantau perkembangan kesehatannya.

Baca  Setelah Mengamuk Soal Mobil PCR, Risma Terdiam Dipermalukan Penjelasan Gugus Tugas

“Semua usia rawan terjangkit virus Corona, termasuk anak-anak. Untuk kasus anak-anak ini agak sulit dideteksi,” jelasnya.

Yuwono menerangkan, anak-anak sulit mengungkapkan tentang kesehatannya, karena mereka belum mengerti. Makanya untuk mendeteksi anak secara langsung sulit dilakukan.

“Tapi, sekarang kita punya cara dengan men-screening orang-orang disekitarnya. Hal inilah yang dinilai sangat penting untuk mengetahui asal mereka terjangkit Corona,” jelasnya.

Baca  Kasihan! Kepala Kampung Dianiaya Saat Sosialisasi Corona Hingga Lebam dan Tangan Terkilir

Dia mengakui, tingkat imunitas yang terdapat pada anak lebih tinggi dari pada imunitas orang dewasa, karena angiotensin converting enzyme 2 atau ACE2 pada anak belum aktif.

“Virus Covid-19 masuk ke dalam tubuh manusia melalui reseptor protein ACE2. Protein ACE2 ini belum aktif pada anak-anak, tapi aktif pada orang dewasa, yang berguna untuk mengatur tekanan darah,” tuturnya. (viva)

Share :

Baca Juga

Daerah

Bukan Prank! Sumbangan PNS Jabar untuk Corona Hampir Capai Rp11 M

Daerah

Terkait Covid 19, Gubernur: Sejumlah Kebijakan Pusat Kacaukan Skenario Daerah

Daerah

4 Pesan Anies Baswedan Menyambut Lebaran 2020 untuk Warga DKI Jakarta

Daerah

Izinkan Tarawih Berjemaah, Pemkot Bengkulu Siapkan Pos Kesehatan di Masjid

Daerah

Masjid Cirebon Ini Tetap Gelar Salat Jumat, Jemaah: Tertular atau Tidak Itu Kehendak Tuhan
Trik Licik Pelaku Jual Babi

Daerah

Trik Licik Pelaku Jual Babi Disulap Jadi Daging ‘Sapi’ di Bandung

Daerah

Klaim Kasus Corona Terkendali, MUI Kota Bengkulu Izinkan Tarawih di Masjid

Daerah

Sekitar 800 Masjid di Kota Bekasi akan Gelar Salat Idul Fitri