Home / Nasional

Kamis, 5 Maret 2020 - 06:45 WIB

Dua WNI Terinfeksi Corona, Tapi Kok RI Malah Tarik Banyak Wisatawan Mancanegara?

BERITAWAJO.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa ada 2 WNI yang positif virus corona. Mereka diduga tertular WNA asal Jepang yang sempat berkunjung ke Indonesia. Uniknya, 2 WNI yang tertular terinfeksi dari Warga jepang bukan China.

Namun kenapa pemerintah sendiri malah saat ini tengah gencar menarik wisatawan mancanegara untuk berlibur ke Indonesia? Alasannya tentu untuk menyelamatkan sektor pariwisata yang sudah terhantam dari keputusan penghentian sementara penerbangan dari dan ke China.

Pertanyaan lain, kenapa Jokowi tetap ngotot ingin menarik wisatawan asing setelah sudah ada 2 kasus WNI yang menderita virus corona?

“Berbeda, insentif itu kita berikan untuk wisatawan dari daerah-daerah yang sudah diperkirakan yang tidak jadi epicentrum corona,” terang Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Dia yakin bahwa negara-negara yang ditargetkan jadi wisatawan baru ke Indonesia adalah negara yang relatif aman dari virus corona.

Jokowi menekankan, bahwa upaya itu semata-mata untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia. Di satu sisi pemerintah akan tetap waspada menghadapi penyebaran virus corona.

“Karena kita ingin kasus terselesaikan tapi ekonomi kita juga pada kondisi yang dalam baik dan normal,” tuturnya.

Sementara Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto secara terpisah mengatakan, bahwa pemerintah sudah memilah negara yang menjadi target market wisatawan. Intinya dia berharap masyarakat tidak perlu bersikap paranoid.

“Wisatawan kan dari negara yang tidak terdampak. Kan tidak seluruh dunia kena, baru 54 atau 52 yang kena. Jadi kita ini hati-hati tapi tidak sampai paranoid, kita lakukan cegah tangkal yang baik sesuai prosedur. Diungkapkan tidak boleh paranoid oleh WHO,” tegasnya.

Sumber: detik

Share :

Baca Juga

Nasional

Bandingkan Nabi Muhammad dengan Soekarno, Sukmawati Kembali Bikin Heboh

Nasional

Membandingkan Cara Anies dan Jokowi Menghadapi Corona; Ini Kata Pengamat

Nasional

Tidak Ada Unggahan Duka Jokowi untuk Djoko Santoso, Adhie Massardi: TNI Memang Lebih Dekat ke Rakyat

Nasional

Prabowo Paket Puan Maharani, Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo Saingan Terberat

Nasional

Cara Kembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak

Nasional

MUI Kecam Sikap Pemerintah Akan Gunakan Cara Darurat Sipil, Malah Jauh dari Konstitusi

Nasional

Gambar Animasi Bergerak Bertema Islam

Nasional

Roy Suryo Unggah Jejak Digital Dirut TVRI soal Gerwani, Organisasi yang Berafiliasi dengan PKI