Home / Daerah

Kamis, 30 April 2020 - 17:58 WIB

Dampak Corona, Pemprov Sumut Gratiskan Tagihan Air PAM Selama 3 Bulan

Penyebaran virus Corona COVID-19 memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat. Oleh karena itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi memutuskan menggratiskan biaya tagihan air selama tiga bulan.

“Langkah yang dilakukan yakni membebaskan pembayaran rekening air minum selama tiga bulan ke depan,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, R Sabrina di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Sudirman, Medan, ?Sumatera Utara, Kamis 30 April 2020.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirtanadi, Trisno Sumantri mengungkapkan pembebasan pembayaran rekening air minum berlaku sejak bulan Mei, Juni dan Juli 2020. Adapun kategori pelanggan yang masuk dalam program penggratisan rekening air minum adalah pelanggan Rumah Tangga 1 (RT1).

Baca  Heboh Air Sungai di Israel Seperti Darah, Pertanda Bencana Besar?

“Kategori pelanggan RT1 ini merupakan masyarakat yang kita anggap rentan terdampak wabah COVID-19 ini,” tutur Trisno.

Selain itu, program penggratisan ini diberikan kepada kategori pelanggan sosial yang terdiri dari rumah ibadah, panti asuhan, panti jompo dan yayasan yatim piatu termasuk puskesmas. “Ini merupakan bentuk perhatian dan pelayanan yang kami lakukan kepada masyarakat,” sebut Trisno.

Baca  Heboh Awan Berbentuk Sosok Manusia di Sumatera Utara, Pertanda Apa?

Dalam kesempatan itu, Trisno juga mengatakan, untuk mencegah penyebaran Corona COVID-19 di Sumut, pihaknya juga telah melakukan upaya seperti menyediakan tabung-tabung air untuk keperluan cuci tangan di semua kecamatan di Kota Medan dan beberapa kabupaten/kota di Sumut.

“Kepedulian lain yang sudah dilakukan seperti membagikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan dan berada di sekitar kantor dan instalasi pengelolaan PDAM. Di samping itu, kita juga melakukan penyemprotan disinfektan terhadap gedung-gedung kantor PDAM dan penyediaan alat pelindung diri, seperti pembagian masker, hand sanitizer,” jelas Trisno.

Baca  Ratusan Orang Bertahan di Masjid Kebon Jeruk, Enggan Pindah ke RS Darurat Corona

Dikatakannya, langkah dan kebijakan yang dilakukan PDAM Tirtanadi merupakan wujud dari pelayanan BUMD di Sumut untuk melayani kebutuhan masyarakat.

“Semoga kebijakan ini benar-benar dapat membantu masyarakat, terutama pada kategori pelanggan yang digratiskan rekening air minumnya,” kata Trisno soal langkah pemerintah dalam penanganan dampak Corona. (viva)

Share :

Baca Juga

Daerah

Satu Keluarga di Palu Positif Corona Setelah Sang Ayah Pulang dari Ijtima di Gowa

Daerah

Bupati Mamteng ke Luhut: Jangan Bicara Sembarangan, Ini Rakyat Kami!

Daerah

Seperti Tak Terpengaruh Corona, Bandara Adisutjipto Tetap Layani Rute Malaysia dan Singapura

Daerah

Viral, Tak Terima Ditegur Tidak Pakai Masker, Oknum Polisi di Kendari Lawan Petugas

Daerah

Anies Diingatkan Efek Fatal Jika Paksakan Pergub PSBB

Daerah

Warga Makassar Melanggar PSBB Diancam Sanksi Pidana
Trik Licik Pelaku Jual Babi

Daerah

Trik Licik Pelaku Jual Babi Disulap Jadi Daging ‘Sapi’ di Bandung

Daerah

Ratusan Orang Bertahan di Masjid Kebon Jeruk, Enggan Pindah ke RS Darurat Corona