Home / Global

Rabu, 15 April 2020 - 14:27 WIB

China Sampaikan Pesan Ini ke AS yang Hentikan Dana untuk WHO

Beijing – Otoritas China menyatakan ‘keprihatinan serius’ terhadap keputusan Amerika Serikat (AS) menghentikan pendanaan untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). China mendorong otoritas AS untuk memenuhi kewajibannya selama pandemi virus Corona.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya menuduh WHO menutup-nutupi keseriusan wabah virus Corona di China sebelum menyebar ke seluruh dunia. Trump memerintahkan pembekuan pendanaan selagi “peninjauan dilakukan untuk menilai peran WHO dalam salah kelola yang parah dan menutupi penyebaran virus Corona”.

Baca  Fraksi PKS Sendirian Tolak Perppu Corona, Kok Bisa?

“China sangat prihatin atas pengumuman AS untuk menghentikan pendanaan bagi Organisasi Kesehatan Dunia,” sebut juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, dalam konferensi pers seperti dilansir AFP, Rabu (15/4/2020).

“Situasi terkini epidemi global sangat suram. Ini adalah masa-masa kritis. Keputusan AS ini akan melemahkan kapasitas WHO dan merusak kerja sama internasional dalam melawan epidemi ini,” imbuh Zhao.

Keputusan Trump untuk menghentikan pendanaan bagi WHO ini mencerminkan keyakinannya bahwa WHO bias pada China dan berkolusi untuk mencegah saingan utama ekonomi AS itu terbuka tentang bencana kesehatan yang sedang berlangsung di negaranya.

Baca  Masjid di Turki Berubah Jadi Minimarket Gratis Selama Wabah Corona. Slogannya Unik!

“Kami mendorong Amerika Serikat untuk secara tulus memenuhi tanggung jawab dan kewajiban mereka, dan mendukung aksi internasional yang dipimpin WHO melawan epidemi ini,” cetus Zhao, sembari menyebut WHO memainkan ‘peran tak tergantikan’ melawan pandemi virus Corona.

Diketahui bahwa AS merupakan pemberi dana terbesar bagi WHO, yang menyediakan dana US$ 400 juta tahun lalu. Saat ditanya apakah China siap berkontribusi lebih besar untuk menutupi kekurangan setelah AS menghentikan pendanaan, Zhao menyebut bahwa China telah menyediakan US$ 20 juta kepada WHO.

Baca  China Ambil Untung dari Wabah Corona, Militer Filipina Punya Bukti

“China selalu mendukung peran utama yang dimainkan WHO dalam perang internasional melawan epidemi… China akan melihat lebih dalam isu-isu terkait, tergantung pada kebutuhan situasi,” ujar Zhao dalam pernyataannya (nvc/ita)

Share :

Baca Juga

Global

Tidak Bebas! Para Tahanan di Turki Produksi 1,5 Juta Masker untuk Rumah Sakit

Global

Viral! Akibat UU “Anti Islam”, India Dilanda Kerusuhan Hebat

Global

Karena Alat Tes Covid-19 dari China Tidak Akurat, India Kembangkan Metode Pengujian Sendiri

Global

Wanita ‘Judes’ Korut Ini Disebut Bakal Gantikan Kim Jong-un

Global

Selidiki Sumber Corona, AS Minta Akses ke Laboratorium Wuhan

Global

Hujan Berwarna Hitam di Jepang, Pemerintah Bakar Tubuh Korban Corona?

Global

Ajak Semua Orang Kembali Pada Tuhan, Trump Tetapkan Hari Berdoa Nasional

Global

KFIR, Pasukan Kilat Israel yang Sering Dijuluki Tentara Dajjal