Home / Global

Rabu, 15 April 2020 - 14:27 WIB

China Sampaikan Pesan Ini ke AS yang Hentikan Dana untuk WHO

Beijing – Otoritas China menyatakan ‘keprihatinan serius’ terhadap keputusan Amerika Serikat (AS) menghentikan pendanaan untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). China mendorong otoritas AS untuk memenuhi kewajibannya selama pandemi virus Corona.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya menuduh WHO menutup-nutupi keseriusan wabah virus Corona di China sebelum menyebar ke seluruh dunia. Trump memerintahkan pembekuan pendanaan selagi “peninjauan dilakukan untuk menilai peran WHO dalam salah kelola yang parah dan menutupi penyebaran virus Corona”.

Baca  Virus Corona; Teguran Tuhan Terkait Uighur?

“China sangat prihatin atas pengumuman AS untuk menghentikan pendanaan bagi Organisasi Kesehatan Dunia,” sebut juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, dalam konferensi pers seperti dilansir AFP, Rabu (15/4/2020).

“Situasi terkini epidemi global sangat suram. Ini adalah masa-masa kritis. Keputusan AS ini akan melemahkan kapasitas WHO dan merusak kerja sama internasional dalam melawan epidemi ini,” imbuh Zhao.

Keputusan Trump untuk menghentikan pendanaan bagi WHO ini mencerminkan keyakinannya bahwa WHO bias pada China dan berkolusi untuk mencegah saingan utama ekonomi AS itu terbuka tentang bencana kesehatan yang sedang berlangsung di negaranya.

Baca  Ngeri! Putus Mata Rantai Virus Corona, Pejabat Korut Ditembak Mati

“Kami mendorong Amerika Serikat untuk secara tulus memenuhi tanggung jawab dan kewajiban mereka, dan mendukung aksi internasional yang dipimpin WHO melawan epidemi ini,” cetus Zhao, sembari menyebut WHO memainkan ‘peran tak tergantikan’ melawan pandemi virus Corona.

Diketahui bahwa AS merupakan pemberi dana terbesar bagi WHO, yang menyediakan dana US$ 400 juta tahun lalu. Saat ditanya apakah China siap berkontribusi lebih besar untuk menutupi kekurangan setelah AS menghentikan pendanaan, Zhao menyebut bahwa China telah menyediakan US$ 20 juta kepada WHO.

Baca  China Akui Kematian di Wuhan 50 Persen Lebih Tinggi dari yang Dilaporkan

“China selalu mendukung peran utama yang dimainkan WHO dalam perang internasional melawan epidemi… China akan melihat lebih dalam isu-isu terkait, tergantung pada kebutuhan situasi,” ujar Zhao dalam pernyataannya (nvc/ita)

Share :

Baca Juga

Global

Politikus Ini Bikin Geger Minta Puasa Ramadan Ditangguhkan

Global

Respons Tiongkok soal Rencana Indonesia Setop Impor
Virus Corona Buatan Lab di Wuhan

Global

Parah! AS Klaim China Jual Alat Medis Sumbangan Italia ke Italia Lagi

Global

Ternyata Ini Rahasia Umur Panjang Orang Jepang

Global

Gawat! Gara-Gara Terlalu Lama Dikarantina, Banyak Pasangan Ajukan Permohonan Cerai

Global

Satu Lagi Negara Tertipu Pemasok Tes Cepat Impor dari China

Global

Waduh! Presiden Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa, Dikarantina Terkait Virus Corona

Global

Rusia Tak Bisa Ikut Olimpiade dan Piala Dunia, Putin Marah; Kok Bisa?