Home / Nasional

Kamis, 14 Mei 2020 - 06:13 WIB

Cara Kembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak

WhatsApp merupakan aplikasi chatting sejuta umat. Itu membuat banyak aktor jahat atau hacker yang berusaha mengambilalih akun WhatsApp. Lalu adakah cara kembalikan akun WhatsApp yang dibajak?

Menurut Pakar Keamanan dari Vaksincom Alfons Tanujaya, bila nomor ponsel dari akun WhatsApp yang dibajak masih di tangan korban dan masih aktif, cara merebutnya cukup mudah.

Langkah pertama adalah mengunistall akun WhatsApp di ponsel. Kemudian install ulang WhatsApp dan masukkan kembali nomor ponsel.

“Lalu akan muncul verifikasi lewat SMS ke nomor ponsel. Masukkan nomor verifkasi tersebut, maka akun WhatsApp akan kembali lagi,” ujar Alfons Tanuwijaya, seperti dikutip Kamis (14/5/2020).

Baca  Duta Besar India Mengecam Aksi Pembakaran Bendera India

Bagimana dengan akun WhatsApp yang dibajak oleh aktor jahat dan hacker? Akun tersebut secara otomatis akan logout. Ini karena WhatsApp hanya mengizinkan satu akun WhatsApp pada satu ponsel saja.

Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menonaktifkan akun WhatsApp yang dibajak. Untuk ini kamu harus mengirimkan email ke support@whatsapp.com dengan menuliskan “Hilang/Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya”. Setelah penonaktifan ini kamu punya waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun yang telah dihapus.

Baca  Cara Mengajak Buah Hati Kenal Allah Swt Semenjak Bayi

Tanda Awal akun WhatsApp Dibajak

Sebenarnya ada ciri yang sangat jelas bahwa seseorang ingin membajak akun WhatsApp. Biasanya WhatsApp akan mengirimkan notifikasi yang isinya nomor telepon tidak terdaftar di WhatsApp.

Isi pesannya: Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon ini. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon yang lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk kembali ke akun Anda.


Pada bagian bawah akan tersedia dua opsi ‘verifikasi’ atau ‘Oke’. Jika mengetuk ‘Oke’ maka akun WhatsApp akan beralih ke hacker atau aktor jahat yang membajak akun.

Baca  Jika Tak Diintervensi, 1.046 ODP Akan Mudik dari Jakarta

Jika memilih ‘verifikasi’ maka WhatsApp akan mengirimkan nomor PIN 6 digit ke ponsel, masukkan nomor tersebut dan kamu kembali bisa menggunakan akun tersebut. (roy)

Share :

Baca Juga

Nasional

Kepastian Jakarta Lockdown Dibahas Hari Ini di Kantor Luhut

Nasional

Jokowi Lanjutkan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Saat Pandemi

Nasional

PNS yang Pindah ke Ibu Kota Baru Maksimal Berusia 45 Tahun

Nasional

Mantan Suami Menhan, Ini Doa Titiek Soeharto untuk Prabowo

Nasional

Kepala BPIP Sesalkan Masyarakat Salahkan Pemerintah Terkait Pandemi, Bahkan Sampai Bahas Pemakzulan Presiden

Nasional

Sandi Desak Lockdown: Ekonomi Bisa Dinegosiasikan, Nyawa Tak Diperdebatkan

Nasional

MUI Desak Jokowi Tolak TKA China Masuk ke Indonesia

Nasional

Tak Hanya Mengkritisi, Sandiaga Uno Akan Menanggung Biaya Kebutuhan Pasien Hingga Sembuh