Home / Daerah

Rabu, 27 Mei 2020 - 07:16 WIB

Bukan Prank! Sumbangan PNS Jabar untuk Corona Hampir Capai Rp11 M

Dana sumbangan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk penanganan pandemi virus corona (Covid-19) sudah hampir mencapai Rp11 miliar.

Ketua Divisi Pemberdayaan Aparatur, Non Aparatur, dan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar Dudi Sudrajat Abdurachim menyatakan dana tersebut berasal dari donasi para ASN di Pemprov Jabar. Dana disalurkan lewat rekening Jabar Peduli dengan mengangkat tema ASN Jabar Peduli Covid-19.

Baca  Viral Foto Kades di Luwu Timur Gendong Lansia Ambil Bansos

“Sampai sekarang sudah terkumpul Rp10.988.984.487 atau hampir Rp11 miliar,” ujar Dudi dalam jumpa pers yang disiarkan melalui Youtube Humas Jabar, Selasa (26/5).

Dari jumlah tersebut, lanjutnya, sebanyak Rp9 miliar sudah disumbangkan ke gugus tugas untuk digunakan dalam penanganan virus corona.

“Kalau sudah masuk gugus tugas, masuk ke kas daerah, karena ketentuannya seperti itu,” ucapnya.

Baca  Ridwan Kamil Kritik Keras Pemerintah Pusat Soal Data Bansos

Selain mengumpulkan donasi, Divisi Pemberdayaan Gugus Tugas juga melaksanakan training of trainer (TOT) atau pelatihan kepada para ASN, non ASN, dan masyarakat berkaitan dengan upaya melawan virus corona.

Dudi menjelaskan bahwa program yang dikoordinir Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ini diberi nama relawan aparatur negara (RAN). Relawan tersebut dibina Atlas Medical Pionir (AMP) Universitas Padjadjaran bersama Wanadri.

“Dari program TOT ini sudah terbentuk 200 orang. Terhadap mereka, kita tugaskan untuk jadi trainer dengan harapan bisa melatih trainer di 27 kab/kota dan di kecamatan sekitar 600 orang, sehingga dengan diberikannya materi Covid-19 ini bisa menyebarluaskan ke masyarakat,” ucap Dudi.

Baca  Sri Mulyani Amankan THR dan Gaji ke-13 ASN, TNI dan Polri. Ketua Korpri: Menyumbang Lebih Baik!

Selain membentuk relawan, Divisi Pemberdayaan Gugus Tugas juga sudah melatih sebanyak 100 orang untuk membantu sistem informasi di Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar). (bmw)

Share :

Baca Juga

Daerah

Heboh Anies Larang Suami Istri Berhubungan Intim, Eh Gak Taunya…

Daerah

Dua Lansia Asal Gunungkidul Sembuh dari Corona

Daerah

20 TKI Ilegal dari Malaysia Masuk Sumut Pakai Sampan

Daerah

Bukan Cuma Ojol, Puluhan Ribu Angkutan ‘Nganggur’ Efek PSBB

Daerah

Khofifah dan Risma Memanas? Gubernur Ambil Alih Kerjaan Walikota Soal Pasar Murah

Daerah

Gawat! KIB Nyatakan Perang Lawan FPI Usai Persekusi Penjual Tuak

Daerah

Heboh, Aksi Bagi-bagi Uang Wanita Bermobil Mewah di Kulon Progo

Daerah

Luar Biasa! Karena Surat Anies Semangat Perawat Melawan Corona Makin Tinggi