Home / Global

Kamis, 23 April 2020 - 13:54 WIB

Belum Ada Kasus Corona, Presiden Tajikistan Imbau Muslim Tidak Puasa

Foto: Bendera Tajikistan (Dok. iacis.ru)

Foto: Bendera Tajikistan (Dok. iacis.ru)

Taijikistan – Pemimpin negara mayoritas muslim, Tajikistan mengimbau agar umat muslim tidak berpuasa saat bulan Ramadhan. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi diri dari virus Corona, meskipun di sana belum ada laporan kasus Corona.

Sebagaimana dilansir AFP, Kamis (23/4/2020) Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon mengatakan puasa membuat orang “rentan terhadap infeksi penyakit menular” dan mendesak petani dan pekerja manual untuk menunda ritual ibadah puasa. Hal itu dia sampaikan dalam pidatonya untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Baca  MUI: Meskipun Pandemi Corona Puasa Ramadhan Tak Bisa Diganti Fidiah!

“Meskipun penyakit ini tidak ada di negara kita, ini tidak berarti bahwa kita harus ceroboh dan duduk diam,” tulis Rakhmon dalam keterangannya.

Sembari mengutip ulama Islam, Rakhmon menggambarkan puasa sebagai sesuatu yang berbahaya bagi “petani, peternak, dan mereka yang bekerja keras”.

“Saya mendesak semua orang yang bekerja di ladang dan menghasilkan kemakmuran… untuk menjadwal ulang puasa ke waktu lain yang lebih menguntungkan,” kata Rakhmon.

Baca  Negara dengan Waktu Puasa Tersingkat di Dunia

Tajikistan yang miskin adalah salah satu dari sedikit negara yang belum melaporkan satu pun kasus virus Corona (COVID-19). Negara bekas pecahan Uni Soviet lainnya, Turkmenistan juga sama.

“Saya sangat berterus terang! Jika ada satu kasus infeksi virus Corona yang terdaftar di Turkmenistan, kami akan segera memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan komunitas internasional!” kata Menteri Luar Negeri Turkmenistan Rashid Meredov dalam sebuah pertemuan.

Baca  Makar Itu Pakai Militer, Bukan Pakai Dosen dan Mahasiswa

Sementara Tajikistan dan Turkmenistan memiliki populasi muslim yang besar, kedua negara itu disebut oleh Departemen Luar Negeri AS sebagai pelanggar utama terhadap kebebasan beragama.

Pada tahun 2018, otoritas keagamaan pro-pemerintah Tajikistan menyarankan pekerja membangun bendungan Rogun raksasa — fasilitas hidroelektrik unggulan yang sangat penting bagi perekonomian — agar tidak berpuasa. (detik)

Share :

Baca Juga

Global

China Ancam Australia Jika Lakukan Investigasi Corona

Global

Pria Ini Tinggal Bersama 4 Istri dan 16 Selingkuhannya dalam Satu Rumah. Kok Bisa?

Global

Masjid di Turki Berubah Jadi Minimarket Gratis Selama Wabah Corona. Slogannya Unik!

Global

Heboh Air Sungai di Israel Seperti Darah, Pertanda Bencana Besar?

Global

Filipina Lockdown, Duterte: Pembuat Onar Akan Ditembak Mati!

Global

Ultimatum Trump Untuk Arab Saudi: Pangkas Pasokan Minyak Atau AS Cabut Dukungan Militer

Global

Blak-blakan, Penasihat Gedung Putih Sebut Alat Tes Uji Covid-19 yang Diterimanya dari China Adalah Palsu

Global

Masya Allah! Tak Seperti Biasanya, Kini Adzan Menggema di Jerman Kala Pandemi Corona