Home / Nasional

Rabu, 1 April 2020 - 10:43 WIB

Begini Hitungan dan Cara Mengetahui Pengguna Token dapat Listrik Gratis!

BERITAWAJO.COM – Dampak wabah virus Corona, pemerintah memberikan keringanan untuk biaya pembayaran listrik selama tiga bulan ke depan.

Untuk pengguna listrik dengan daya 450 VA tagihan listriknya akan diberikan secara gratis selama tiga bulan, sementara itu bagi pengguna daya 900 VA, maka hanya akan membayar setengah dari tagihannya saja atau diskon 50%.

Hitungan listrik gratis pengguna token

Yang masih jadi pertanyaan banyak masyarakat adalah bagaimana jika pelanggan listrik menggunakan token atau listrik prabayar?

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, menjelaskan perihal hitungan listrik gratis buat warga yang menggunakan token atau listrik prabayar. Untuk golongan 450 VA, mulai April, Mei, hingga Juni akan mendapatkan listrik gratis sebesar jumlah penggunaan maksimum di tiga bulan sebelumnya dari Januari ke Maret.

Baca  Baru! Begini Cara Urus Jenazah Seorang Muslim Pasien Corona Menurut Fatwa MUI

“Untuk prabayar golongan 450, atau yang beli token, itu diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan. Kami dan PLN, sudah punya profile-nya pelanggan dan mereka ketahuan beli maksimumnya dalam 3 bulan terakhir itu berapa,” kata Rida lewat video conference kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

“Itu lah yang kita berikan secara gratis 3 bulan ke depan, angka maksimumnya dia beli selama 3 bulan kemarin,” sambungnya.

Sementara itu untuk pelanggan golongan 900 VA, pemerintah tetap menggunakan angka pembelian listrik maksimum selama tiga bulan sebelumnya. Nantinya, setengah jumlah listrik dari angka tersebut akan digratiskan.
Baca juga: Perlukah Pelanggan 1.300 VA Diringankan Tagihan Listrik Juga?

Baca  Viral! Video Wanita yang Awalnya Remehkan Virus Corona Akhirnya Positif Terinfeksi

“Sementara untuk prabayar atau token 900 VA, persis seperti yang 450 VA hanya saja mereka tidak gratis, mereka hanya mendapatkan daya gratis 50% dan itu berlaku tiga bulan untuk April, Mei, dan Juni,” ujar Rida.

Bagaimana Pengguna Token Bisa Tahu Dapat Listrik Gratis?

Nantinya pemerintah akan menyiapkan aplikasi, di sana masyarakat tinggal memasukkan ID pengguna listrik, lalu akan mendapatkan kode voucher.

“Jadi udah ada aplikasi konsumen, nanti tinggal masukin ID pelanggan, lalu akan dapat voucher, dan tinggal masukkan saja. Jadi saya rasa sudah cukup valid diimplemetasikan ketika black out,” ujar Hendra lewat video conference kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

Baca  Ternyata Ada Penyebaran Covid-19 Corona Gelombang Kedua. Ini Penjelasannya!

“Tapi kami tetap menyiapkan sosialisasinya melalui aplikasi supaya pelanggan token tidak bingung lagi,” kata Hendra.

Sementara itu, Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana mengatakan bahwa per Desember 2019 setidaknya ada 23,8 juta orang pengguna golonhan 450 VA, sementara itu 7,25 juta orang tercatat sebagai pengguna golongan 900 VA.

“Jumlah pelanggan 450 VA ada 23,8 juta, itu angka per Desember 2019 dan mungkin sudah bergerak lagi. Untuk yang 900 VA itu 7,25 juta pelanggan,” kata Rida.

Share :

Baca Juga

Nasional

Waketum MUI: DPR Sudah Singa Ompong Bagaikan Singa Tua
Luhut pun Banjir Dukungan

Nasional

Said Didu Tolak Minta Maaf, Kubu Luhut: Kita Tunggu Sajalah!

Nasional

Sultan Husain Syah: Ibadah Haji Saja Ditunda, Kenapa Pemerintah Ngotot Gelar Pilkada?

Nasional

Menang Adu Penalti, Madrid Juara Piala Super Spanyol

Nasional

Pengamat Politik Sebut, Manuver Paloh Wujud Kekecewaan Atas Hal-hal Ini

Nasional

Luhut: TKA China Masuk Juni – Juli. Kita Harus Jujur!
Sandiaga Bagikan Ratusan Paket Sembako

Nasional

Bantu Nelayan Terdampak Covid-19, Sandiaga Bagikan Ratusan Paket Sembako dan Masker

Nasional

FKM UI Ungkap Corona Masuk RI Sejak Januari, Pemerintah: Kenapa Baru Bilang?