Home / Pendidikan

Jumat, 22 November 2019 - 20:36 WIB

Agar Belajar Membaca al-Quran Menyenangkan Bagi Anak Anda

Banyak orang bertanya bagaimana mengajarkan Al-Quran kepada belum dewasa . Jawabannya sanggup dengan cara; mengirim mereka ke setiap masjid atau sentra Islam atau TPA, atau menyewa Qari ( guru ) bagi mereka untuk mengajar mereka Quran. Tidak peduli itu ialah cara tradisional untuk mengajar Quran, tapi Dunia terlalu cepat hari ini, begitu juga belum dewasa kita. Sebagian mereka tidak mau mencar ilmu sesuatu dengan metode tradisional. Sebaliknya mereka perlu mencar ilmu dengan cara yang interaktif . 

Mereka ingin pembelajaran disertai dengan waktu yang menyenangkan. Metode pengajaran tradisional menyerupai mengajar Alquran dari Qaida mempunyai naskah hitam dan putih yang sama tidak menarik bagi sebagian anak-anak. Mengapa tidak mengajar mereka dengan metode pengajaran interaktif, penuh warna dan penuh acara menyerupai mereka juga mencar ilmu di kelas playgroup. Ini tidak hanya akan menyenangkan bagi mereka untuk mencar ilmu pelajaran sehari-hari tetapi mereka juga akan mencar ilmu dengan menyenangkan.

TIPS BELAJAR BACA AL-QUR’AN MENYENANGKAN

Ajarkan anak Anda dalam lingkungan yang ramah dan menarik yang memungkinkan mengajar mereka dengan cara yang interaktif.
  1. Buatlah dua set kartu dengan huruf Arab di satu sisi dan kosong dari sisi lain. Kemudian bermain memori (ingatan) dengan mereka dan permainan mencocokan dengan kartu-kartu.
  2. Membuat buku khusus dan berwarna-warni bagi mereka untuk belajar.
  3. Jaga rutinitas tapi pendek biarlah sekali sehari di hari kerja dan dua kali sehari pada hari libur.
  4. Selama pelajaran seringlah memuji belum dewasa Anda, dan pelu mereka dengan banyak.
  5. Untuk mengajar, bentuk  Buah dan sayuran akan sangat berguna.
  6. Seringlah menciptakan mereka mewarnai dalam abjad.
  7. Beritahu anak Anda bahwa sesuatu yang sangat istimewa akan ada ketika mencar ilmu Quran, menyerupai kisah yang manis atau bermain dengan ibu atau perjalanan ke taman.
  8. Ucapkan surah pendek ketika berbaring tidur. Mulai dari kalam pertama .
  9. Seringlah membaca semua surat pendek, ayat ul dingklik , dua qunut dalam perjalanan ke sekolah di pagi hari. Tidak peduli Anda pergi ke sekolah dengan kendaraan beroda empat atau Anda berjalan, diharapkan tidak lebih dari 12 menit untuk membaca semua . Jika Anda tidak meninggalka belum dewasa Anda di sekolah, jangan khawatir bacaan ini sanggup dilakukan di mana saja , kapan saja , bahkan di ayunan.
  10. Berikan anak Anda beberapa hal yang sangat khusus (bisa mainan, permainan, buku Islam, perjalanan ke beberapa tempat) ketika ia telah menghafal Surah gres atau menuntaskan juz Quran

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Nadiem Akan Rombak Kurikulum demi Kurangi Beban Siswa

Pendidikan

Anak Sekolah Belajar di Rumah, Kok SPP-nya Nggak Turun?

Pendidikan

Ditemukan Pasal Aneh dalam RUU Omnibus Law Cipta Kerja; Guru dan Dosen Asing Tak Perlu Disertifikasi

Pendidikan

3 Syarat Guru Honorer Bisa Digaji Pakai Dana BOS

Pemerintah

708.963 atau 47 Persen Guru Honorer Tak Bisa Nikmati Gaji dari Dana BOS

Global

Sandingkan Beijing, Tito Karnavian: Jakarta Sekarang Kayak Kampung

Pemerintah

Perjuangkan Guru Honorer, Anggota Komisi X DPR Adrianus: Mudah-mudahan Air Matanya Jangan Keluar Lagi

Pendidikan

Bahaya! Atap Sekolah di Sompe, Wajo Diganjal Bambu